10 Langkah Mengurangi Keriput Secara Natural, Perlu Konsistensi agar Hasil Maksimal
Ilustrasi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mengurangi keriput di wajah secara alami melibatkan perlu dibarengi dengan pendekatan holistik untuk perawatan kulit, gaya hidup, dan pilihan diet. Meski penting untuk diingat bahwa pengobatan alami mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan kerutan, namun dapat membantu meminimalkan penampilannya dan membuat kulit lebih sehat dan tampak muda.

Berikut adalah beberapa tips membantu mengurangi keriput secara alami, disadur dari Times of India, Kamis, 20 Juli.

Lindungi Kulit Anda dari Sinar Matahari: Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama penuaan dini dan kerutan. Selalu kenakan tabir surya dengan perlindungan spektrum luas (SPF 30 atau lebih tinggi) di dalam maupun saat keluar rumah, bahkan saat hari tengah mendung.

Tetap Terhidrasi: Minumlah banyak air sepanjang hari untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan kenyal. Hidrasi yang tepat dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Minumlah setidaknya delapan gelas air perhari guna menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Kaya Antioksidan: Antioksidan seperti vitamin C dan E dapat membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penuaan. Carilah produk perawatan kulit alami yang mengandung antioksidan.

Gunakan Pelembab Secara Teratur: Oleskan pelembab berkualitas baik ke wajah dan leher Anda dua kali sehari untuk mengunci kelembapan dan menjaga kulit Anda tetap kenyal. Kunci dari kulit wajah bebas keriput yakni kulit yang terhidrasi dengan baik.

Latihan Wajah: Beberapa latihan wajah dapat membantu mengencangkan otot wajah dan mengurangi munculnya kerutan. Pijat wajah yang lembut juga dapat merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen.

Dapatkan Tidur yang Cukup: Pastikan Anda cukup tidur nyenyak setiap malam, karena tidur sangat penting untuk peremajaan dan perbaikan kulit. Penuhi waktu tidurmu setidaknya tujuh hingga sembilan jam perhari untuk bangun dalam keadaan segar.

Kurangi Stres: Stres kronis dapat mempercepat penuaan dan menyebabkan keriput. Berlatih mengurangi stres dengan beberapa teknik seperti meditasi, yoga, atau menghabiskan waktu di alam.

Diet Sehat: Konsumsilah diet seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Makanan tinggi antioksidan dan asam lemak omega-3 pun bermanfaat bagi kulit Anda.

Berhenti Merokok: Selain membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara umum, merokok ternyata dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan keriput. Berhenti merokok dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit Anda.

Hindari Bahan Kimia Keras: Batasi penggunaan produk perawatan kulit berbahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit dan berkontribusi terhadap penuaan dini. Gunakan pembersih yang lembut untuk membersihkan wajah Anda dan hindari terlalu sering mencuci wajah, yang dapat menghilangkan minyak alami kulit.