Intip Inspirasi <i>Dress</i> Merah untuk Rayakan Imlek
Ilustrasi pakaian warna merah (Unsplash/Alex Shaw)

Bagikan:

JAKARTA – Merayakan tahun baru Imlek identik dengan mengenakan warna merah. Mengapa? Karena warna merah adalah warna keberuntungan.

Penghitungan tanggal dalam tradisi Tionghoa dilakukan sejak Dinasti Qin. Sedangkan perayaan Imlek pada tanggal 1 berdasarkan penanggalan tersebut dimulai pada jaman Dinasti Xia. Dinasti Shang dirayakan pada bulan ke-12 dan Dinasti Zhou mulai merayakan pada bulan ke-11.

Berdasarkan mitologi, warna merah dapat mengusir seekor Nian. Nian adalah hewan yang diartikan dengan ‘tahun’. Hewan tersebut memangsa hewan-hewan ternak milik penduduk dan mencuri anak-anak. Maka, warna merah lekat dengan warna perayaan untuk mengusir malapetaka.

Biasanya, ornamen-ornamen perayaan berwarna merah. Dengan alasan tersebut di atas, mulai dari pakaian, lentera, tirai, dan hiasan lain berwarna merah terpasang di setiap rumah.

Dalam menyambut perayaan tahun baru Imlek, berikut inspirasi dress berwarna merah yang secara simbolik dapat mengusir malapetaka.

inspirasi dress merah
Ilustrasi dress warna merah kombinasi kuning (PIxabay/NCB19)

Inspirasi pertama adalah dress berpotongan Shanghai neck yang sangat ikonik. Warna kombinasi antara merah dan kuning dapat jadi pilihan. Aksen printing berpola floral terkesan segar, manis, dan ‘hidup’.

inspirasi pakaian warna merah
Ilustrasi setelan warna merah (Unsplash/Peter Plashkin Ves)

Selanjutnya, setelan berwarna merah. Sekilas, pakaian ini mirip dengan pakaian formal yang biasa dipakai ke kantor atau acara formal lain. Tak keliru jika memilik celana sebagai bawahan, tak salah pula memakai setelan dengan tetap menebalkan aksen floral dan potongan Shanghai neck.

inspirasi dress merah
Ilustrasi dress santai (Unsplash/Tanner Crockett)

Warna merah dapat dikombinasikan dengan berbagai warna lainnya, misal warna biru tua. Tetap dengan pola floral, Anda dapat memakai pakaian ini untuk perayaan bersama keluarga.

inspirasi dress warna merah
Ilustrasi pakaian shanghai (Unsplash/east meets dress)

Pola pakaian dapat dimodifikasi. Artinya, pola bisa tidak memenuhi seluruh pakaian. Agar lebih playfull, modifikasi kain berpola bisa pada satu sisi saja.

inspirasi dress warna merah
Ilustrasi dress merah dan emas (Unsplash/east meets dress)

Masih dengan dress warna merah berpotongan Shanghai. Pola pakaian memang dapat dipilih sesuai gambar yang menyimbolkan hal-hal baik. Bisa juga dipilih berdasarkan warna yang menyimbolkan keberuntungan, seperti warna merah dan emas.

inspirasi dress warna merah
Ilustrasi atasan merah dan rok plisket (Unsplash/east meets dress)

Untuk kesan lebih modern, Anda dapat mengkombinasikan atasan Shanghai dengan rok plisket. Atasan panjang full dengan bordir mungkin terlihat penuh. Maka, netralisir dengan bawahan atau rok polos namun tetap nyaman dipakai.