4 Perbedaan Cologne dan Parfum yang Akan Membantu Anda Memilih Produk
Ilustrasi parfum dan cologne (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah Anda adalah salah satu orang yang masih membingungkan perbedaan cologne dan parfum? Jika ya, artikel berikut ini akan membantu Anda mengetahui apa saja perbedaan yang ada pada dua pengharum yang banyak dijumpai di pasaran dan telah menjadi bagian dari gaya hidup modern ini.

Perbedaan Cologne dan Parfum

Secara umum, cologne dan parfum adalah sama-sama pengharum tubuh yang berbentuk cair dan digunakan dengan cara disemprot ke bagian tubuh. Keduanya memang sama-sama menghasilkan wangi, namun ada beberapa perbedaan yakni sebagai berikut.

  1. Kandungan Fragrance Oil

Harus diketahui bahwa parfum mengandung fragrance oil yang komposisinya bisa 20-40% konsentrat bahan wewangian. Parfum juga memiliki tekstur yang oily. Berbeda dari parfum, cologne mengandung alkohol yang cukup tinggi. Selain itu kandungan cologne sebesar 2-5% fragrance oil dari konsentrat bahan wewangian.

  1. Ketahanan Wewangian

Dari segi ketahanan wewangian, parfum lebih unggul dibanding cologne. Aroma parfum keawetannya bisa seharian. Ketahanan ini yang membuat harga parfum lebih mahal. Namun, parfum berkualitas rendah juga memiliki ketahanan wewangian yang rendah pula.

Sedangkan cologne aroma wewangiannya tidak sekuat parfum. Wangi cologne biasanya hanya bertahan 2 atau 3 jam. Pengguna harus menyemprotkan cologne lebih dari satu kali dalam sehari jika ingin tampil wangi.

  1. Risiko Pemakaian

Pemakaian cologne lebih baik dihindari terutama oleh Anda yang memiliki kulit sensitif pada alkohol. Pasalnya cologne mengandung lebih banyak alkohol dibanding parfum. Pemakaian cologne bisa dilakukan oleh Anda namun diarahkan ke pakaian. Sayangnya cologne juga mampu menimbulkan noda.  

Pemilik kulit sensitif lebih baik menggunakan parfum karena kandungan alkoholnya sangat jauh lebih sedikit dibanding cologne. Selain itu pemakaian parfum bisa disemprotkan ke kulit sehingga tak menimbulkan noda.

  1. Kelemahan

Karena cologne mengandung alkohol lebih banyak, maka kelemahannya adalah akan cepat pudar. Produk ini tak cocok untuk Anda yang malas menyemprotkan pengharum badan selama beberapa kali sehari.

Sedangkan parfum lebih awet, namun wanginya bisa berpindah ke objek kulit lain saat bagian tubuh yang disemprot parfum bersenggolan dengan orang lain.

Itulah perbedaan cologne dan parfum. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.