Mengenal Sistem Pembayaran Tol di Berbagai Negara, Beda dari Indonesia
Ilustrasi gerbang tol (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem pembayaran tol di berbagai negara berbeda dengan di Indonesia. Saat ini penggunaan jalan tol di dalam negeri menerapkan sistem uang elektronik atau e-toll yang diterapkan sejak tahun 2017. Lantas bagaimana sistem pembayaran tol di negara lain?

Berkat perkembangan teknologi, penerapan sistem pembayaran tol pun makin canggih seiring berjalannya tahun. Sistem e-toll yang diterapkan di Indonesia saat ini telah menghemat waktu dan tenaga dalam pembayaran masuk gerbang tol. Pengemudi cukup melakukan transaksi dengan sistem cashless atau tap kartu e-toll untuk bisa mengakses jalan tol. Lalu seperti apa sistem pembayaran tol di berbagai negara?

Sistem Pembayaran Tol di Berbagai Negara

Sejumlah negara sebenarnya juga sudah menerapkan sistem bayar tol dengan teknologi canggih, seperti e-toll. Berikut ini sistem bayar tol di beberapa negara.

Malaysia

Sistem pembayaran akses jalan tol di Malaysia juga sudah menerapkan uang elektronik atau e-toll. Beberapa tahun lalu, negeri jiran ini sudah berencana menggunakan sistem RFID untuk pembayaran tol. 

Sistem RFID dipasang di plat nomor mobil yang langsung terintegrasi dengan alat pembayaran tol. Jadi pengemudi tidak perlu lagi membuka jendela karena pembayaran tol secara otomatis melalui sensor yang terbaca oleh alat di gerbang tol. 

Amerika Serikat

Di negara maju Amerika Serikat justru masih memberlakukan sistem pembayaran tol dengan uang cash dan ada yang sudah memakai uang elektronik. Akses di sejumlah gerbang tol masih bisa membayar pakai uang tunai. 

Selain menerapkan sistem uang cash dan uang elektronik, Amerika Serikat juga memberlakukan pembayaran tol mengggunakan EZ Pass. EZ Pass adalah sistem pembayaran dengan menggunakan on board unit yang ditempel di kaca depan mobil. Sama seperti e-toll, EZ Pass harus diisi terlebih dahulu dengan deposit yang dibeli di counter resmi. 

Selain itu di AS juga menerapkan pembayaran tol lewat email atau bill by mail. Setiap mobil di AS terregistrasi datanya memuat alamat email yang aktif. Jadi saat melintas di gerbang tol, plat nomor mobil akan terekam dan secara otomatis alamat email kendaraan akan dikirimi tagihan tol. 

Demikianlah ulasan sistem pembayaran tol di berbagai negara. Setiap negara memilih sistem pembayaran akses tol yang berbeda-beda, namun sama-sama memanfaatkan teknologi terkini.