<i>Ukeireru</i>, Konsep Menerima Tantangan Hidup Ala Orang Jepang
Ilustrasi (Binja69 - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kehidupan seringkali diwarnai tantangan dan kesulitan. Beberapa di antaranya terasa begitu berat sampai membuat hari-hari terasa suram. Tak semua rencana bisa berjalan mulus sesuai harapan. Namun, di sisi lain hidup terus berjalan dan kita sebagai manusia harus bisa menerimanya, bukan? 

Di Jepang, ada istilah yang menggambarkan penerimaan terhadap kesulitan dalam hidup, yaitu ukeireru. Konsep ini sudah jadi bagian dari budaya tradisional masyarakat yang bisa membantu orang-orang mengelola stres. 

Masato Ishida, Ph.D., Associate Professor dan Direktur Pusat Studi Okinawa di Universitas Hawaii mengatakan terkadang perlu untuk menerima siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa yang masyarakat lakukan terhadap Anda. 

Seperti yang sudah umum diketahui, banyak orang Jepang memiliki tujuan hidup tinggi dan terkenal pekerja keras. Mereka kesulitan menerima sesuatu yang tak sempurna. Jadi, ukeireru sangatlah membantu seseorang pada saat terjadi hal-hal tak diinginkan. 

Scott Haas, Ph.D., seorang psikolog di Cambridge, Massachusetts, menjelaskan bahwa dengan mempraktikkan ukeireru, Anda akan memberikan ruang pada hidup untuk beralih dari situasi kurang menyenangkan. 

Bagaimana cara mempraktikkan ukeireru pada kehidupan sehari-hari?

Meditasi

Ketika mulai frustasi dan stres, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk bermeditasi. Pergilah ke ruangan tenang, duduk dalam posisi nyaman, lalu bernapaslah dalam-dalam sambil memejamkan mata. 

Kosongkan pikiran dari segala hal yang mengganggu dan fokuslah pada pernapasan. Lakukan ini selama yang Anda bisa sampai merasa lebih lega. Bagi pemula, cobalah setidaknya 10-15 menit. 

Lakukan hal menyenangkan 

Di tengah adanya masalah yang membuat hidup Anda terasa berat, hiburlah diri sendiri. Lakukan hal-hal sederhana, apapun, selama itu bisa melepaskan diri dari situasi stres. Sebagai contoh, Anda bisa mendengarkan musik, berjalan-jalan, menulis jurnal, merawat tanaman, bermain bersama hewan peliharaan, atau mungkin minum kopi favorit? 

Lakukan perubahan secara  bertahap

Bila terjadi sebuah perubahan dalam hidup, cobalah beradaptasi perlahan dan lakukan semuanya secara bertahap. Fokuslah pada apa yang ada di depan mata, hargai setiap prosesnya, dan belajar untuk menyesuaikan diri. 

Bersikap baik pada diri sendiri

Saat ini Anda mungkin sedang merasa cemas, sedih, takut, dan merasakan ketidakpastian. Namun, tak perlu menyalahkan diri sendiri. Bersikaplah baik pada diri sendiri. Tak apa-apa bila saat ini merasa dunia tak berpihak pada Anda. Namun, segera cari jalan keluar untuk membuat kehidupan kembali lebih baik.