Tertunda 20 Tahun, Ombak <i>Rilis</i> Single Perdana
Ombak (Dok. Ombak)

Bagikan:

JAKARTA - Sembilan tahun vakum, band Ombak kembali bersatu. Kali ini, mereka melepas karya bertajuk sama dengan nama band, Ombak.

Ombak merupakan single pertama dari Eri (vokal), Aga (gitar), Sam (bass) dan Rana (drum). Lagu ini dirilis via label Kana Musik & Believe Distributions sejak 27 November 2020.

Lagu Ombak direkam pada Maret 2000. Ya, 20 tahun lalu. Saat itu mereka belum sempat merilis lagu ini.

Musik dan lirik lagu Ombak dibuat oleh Aga, sementara  bass line-nya diisi oleh Rana sang drumer.

Sedikit menengok ke belakang. Ombak terbentuk pada tahun 1997. Pada awal eksistensinya, band ini sering membawakan lagu-lagu dari Jane's Addiction, Red Hot Chili Peppers dan Infectious Grooves.

Pada era ini, pengaruh narkoba begitu kuat. Sehingga banyak lagu mereka yang tidak sempat direkam lantaran sering ganti-ganti personel.

Cobaan semakin berat lantaran krisis ekonomi menghantam dan kerusuhan '98 meledak. Banyak rekan sejawat band ini yang meninggal dunia atau menjalani rehabilitasi.

Setelah merekam lagu Ombak, Rana dan Sam memilih vakum karena sibuk dengan pekerjaan mereka. Posisi keduanya diisi Ponti dan Revi.

Berselang 4 tahun, Ombak merekam demo lagu Angkasa. Setelah itu kembali vakum. Sempat kembali eksis dengan formasi reuni pada 2011, band ini lagi-lagi cuti panjang.

Kini, mereka kembali dengan single yang tertunda selama 20 tahun: Ombak.