Wanita Wajib Tahu! Ini  7 Cara Mencegah Kanker Payudara
Ilustrasi (Foto: Marcojean20/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kanker payudara berkontribusi besar terhadap prevalensi kanker pada perempuan di Indonesia. Berdasarkan laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), jumlah penderita kanker payudara di Indonesia mencapai 65.858 orang. Angka ini setara dengan 16,6 persen dari total kasus penyakit kanker yang sebanyak 396.914 persen.

Karena kasus kanker payudara di Indonesia sangat tinggi, wanita perlu mengetahui cara mencegah kanker payudara supaya dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Dirangkum VOI dari berbagai sumber, Minggu, 5 Februari 2023, berikut cara mencegah kanker payudara yang wajib diketahui oleh wanita:

  1. Olahraga Minimal 30 Menit Sehari

Melakukan olahraga selama 30 menit ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Olahraga dapat membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh, sehingga produksi hormon estrogen berlebih tidak terjadi, menyadur laman resmi RSUD Sawahlunto.

Asal tahu saja, sel kanker payudara sangat sensitif terhadap hormon estrogen. Pasalnya, hormon ini bisa membuat kanker payudara menyebar. Oleh sebab itu, mulailah untuk berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari supaya produksi hormone estrogen berlebih tidak terjadi.

  1. Berhenti Merokok

Dikutip dari Medical News Today, merokok dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Senyawa kimia yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali di dalam tubuh seseorang.

Untuk itu, bagi Anda yang gemar merokok, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Seperti yang selama ini kita ketahui bahwa rokok tidaklah baik untuk kesehatan.

  1. Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur menyimpan banyak nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan. Makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari. Buah dan sayuran bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Selain itu, di dalam buah dan sayur juga terkandung antioksidan yang dikaitkan dengan risiko penurunan kanker.

  1. Konsumsi Kedelai

Konsumsi kedelai sangat baik untuk kesehatan karena mengandung protein dalam jumlah besar yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah riset yang dilakukan di China dengan melibatkan 73.000 wanita, diet tinggi kedelai tidak meningkatkan risiko kanker payudara, namun justru dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi (Foto: Marijana1/Pixabay)

Dalam riset tersebut dikatakan, wanita yang mengonsumsi 13 gram atau sebanyak 1-2 porsi protein kedelai setiap hari punya risiko lebih kecil terkena kanker payudara ketimbang wanita yang mengonsumsi protein kedelai kurang dari 5 gram per hari.

  1. Konsumsi Makanan Sumber Serat

Kendati riset soal serat makanan dan pengaruhnya terhadap kanker payudara saat ini kurang meyakinkan, tetapi sejumlah penelitian menunjukkan bahwa serat makanan dapat membantu mencegah penyakit, salah satunya mencegah kanker payudara. Hal ini karena serat membantu sistem pencernaan dan pembuangan limbah secara teratur, serat membantu tubuh membuang racun dan membatasi kerusakan.

Ida Cancer Center & Joseph Friend merekomendasikan 30 hingga 45 gram serat per hari.

  1. Jauhi Minuman Beralkohol

Cara mencegah kanker payudara yang berikutnya adalah tidak mengonsumsi minuman beralkohol.  

Menurut situs Breastcancer, alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan sel DNA. Wanita yang minum minuman beralkohol sebanyak tiga kali dalam sepekan, lebih berisiko terkena kanker payudara.

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh peneliti di University of Texas MD Anderson Cancer Center, tikus percobaan yang diberi asupan gula dalam jumlah banyak, cenderung berisiko terkena kelenjar susu, mirip dengan kanker payudara pada manusia. Selain itu, jenis tumor ini juga cenderung menyebar atau bermetastasis.

Kendati penelitian masih terbatas pada binatang, tidak ada salahnya melakukan pencegahan kanker payudara dengan mengurangi asupan gula.

Demikian informasi tentang cara mencegah kanker payudara bagi wanita. Semoga bermanfaat!