Stewart Copeland Bagikan Demo Langka Lagu The Police, <i>Clown's Revenge</i>
Stewart Copeland (Instagram @stewart_copeland)

Bagikan:

JAKARTA - Stewart Copeland membagikan demo langka dari lagu yang sering dimainkan dalam konser The Police pada tahun 1977. Lagu tersebut adalah Clown's Revenge.

"Clown's Revenge direkam pada 14 Juli 1976 di rumah Florian [drumer Curved Air, Florian Pilkington-Miksa] di Barnes," jelas Copeland yang menjadi drumer Curved Air pada tahun 1975-1976, dikutip dari Loudesound, Senin.

"Sonja Kristina (vokalis Curved Air), saudara laki-laki saya Ian dan saya tinggal di sana dan menggunakan gudang untuk menyiapkan perlengkapan kami dan menulis/merekam lagu," lanjut dia.

"Dari Curved Air saya memiliki kabinet Yamaha Leslie yang tersisa dengan reverb dan direkam ke mesin tape milik Florian Revox A77 – yang akhirnya saya beli darinya. Saya segera menemukan bahwa saya dapat memainkan lick gitar ringan dan menjadi Eric Clapton dengan merekam solo saya bersama pita dengan setengah kecepatan.

"Saat kami pindah ke Mayfair dan musik punk muncul, Ian menulis lirik ini dan menyanyikannya di mikrofon Shure m57 saya. Lagu itu sudah lama hilang dari daftar lagu The Police saat Andy (Summers) bergabung, tetapi keajaibannya adalah ketika Sting pertama kali tiba di London, lagu ini dan materi-materi kasar lain yang saya mainkan adalah persuasi untuk dia saat bergabung dengan band saya. Dan dia bergabung!”

Di luar versi demo lagu Clown's Revenge, Stewart akan meluncurkan buku harian bersampul baru berjudul Stewart Copeland's The Police Diaries.

Buku ini menceritakan kisah tentang pembentukan salah satu formasi The Police, disertai dengan foto-foto klasik, yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan dan kaset demo rekaman rumah yang belum dirilis.

Buku ini akan diterbitkan oleh Rocket 88 Books pada musim gugur 2023.