4 Kunci Mengelola Stres dalam Kehidupan Rumah Tangga
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menikah, setiap pasangan akan dihadapkan pada masalah yang kompleks, baik itu yang berhubungan dengan masing-masing keluarga atau pun antara satu sama lain. Nah, untuk mengatasi semua masalah yang terjadi pada rumah tangga dan membuat pernikahan tetap kokoh, berikut adalah beberapa tips mengelola stres dalam rumah tangga, melansir Psychology Today, Rabu, 4 Januari.

Komunikasi

Stres menyebabkan perubahan keadaan emosi seseorang. Yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk mengkomunikasikan keinginan dan preferensi penting untuk didengar pasangan dengan jelas. Saat pasangan mengalami stres berat, mereka mungkin menarik diri secara emosional dan menjadi kurang efektif dalam mengirimkan sinyal tepat kepada pasangannya untuk dimengerti. 

Oleh sebab itu, jalinlah komunikasi sebaik mungkin saat Anda maupun pasangan mulai mengalami ciri awal stres. Diskusikan hal-hal yang mengganggu pikiran dan perasaan, kemudian cari solusi bersama.

Keintiman

Stres dapat menyebabkan penurunan keintiman antara pasangan. Ketika orang berada di bawah tekanan psikologis, mereka memiliki lebih sedikit waktu dan energi  berbagi momen intim dengan pasangan. Dan memilih lebih fokus pada stres dan kekhawatiran mereka sendiri.

Untuk itu, cobalah kelola stres dengan baik dan dukung pasangan saat berada di titik terendah demi menjaga interaksi yang sehat dan positif satu sama lain. Jika stres dapat dikelola, maka komunikasi dan keintiman Anda dan pasangan pun bisa terjaga.

Saling menghormati

Stres bisa membuat seseorang lupa akan pentingnya sikap saling menghormati di antara pasangan. Dengan tetap menanamkan sikap itu, Anda dan pasangan akan bisa mengatasi segala hal yang terjadi pada pernikahan kalian.

Jangan saling menyalahkan

Beberapa pernikahan harus hancur karena masing-masing pasangan hanya bisa menyalahkan satu sama lain. Alih-alih menyalahkan satu sama lain, Anda dan pasangan sebaiknya lebih mendekatkan diri antara satu sama lain untuk mengatasi masalah dalam pernikahan kalian.