Warga Solo Padati Kawasan Sekitar Loji Gandrung untuk Lihat Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina
Suasana Car Free Day yang berbarengan dengan ngunduh mantu Kaesang dan Erina. (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi ngunduh mantu di Rumah Dinas Walikota Solo Loji Gandrung yang berada di Jalan Slamet Riyadi. Berbarengan dengan Car Free Day (CFD), masyarakat nampak memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi, khususnya di dekat Loji Gandrung.

Hana, salah satu warga yang hadir mengaku dirinya sudah biasa berolahraga saat ada CFD. Dengan adanya acara ngunduh mantu di Loji Gandrung, ia pun mengajak serta teman-temannya.

"Kalau saya sudah biasa (CFD), biasanya mereka (teman) banyak yang gamau. Tapi karena ada ngunduh mantu-nya Mas Kaesang dan Mba Erina, mereka pada mau ngikut," katanya.

Tidak hanya itu, beberapa pedagang kaki lima juga nampak tetap menjajakan dagangannya. Hal tersebut selaras dengan apa yang pernah diungkapkan Walikota Solo sekaligus kakak tertua Kaesang, Gibran Rakabuming beberapa waktu lalu.

"Sudah saya instruksikan untuk CFD, pedagang-pedagang yang biasanya jualan, ya jualan saja, enggak apa," kata Gibran.

Setelah acara ngunduh mantu, Kaesang dan Erina akan melakukan kirab dari Loji Gandrung menuju lokasi tasyukuran di Pura Mangkunegaraan. Lokasi tasyukuran yang berada di Jalan Ronggowarsito itu berjarak sekitar 1,8 km dari Loji Gandrung.

Dalam acara tasyukuran Kaesang dan Erina, akan dibagi menjadi dua sesi, yang mana sesi pertama dimulai pada pukul 9.30 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 18.30 WIB.