Fakta Tanjakan Sitinjau Lauik, Jalan Menikung nan Ekstrem yang Ada di Sumatera Barat yang Viral di YouTube
Ilustrasi Tanjakan Sitinjau Lauik di Sumbar (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski beberapa kali viral di media sosial, tak banyak orang tahu deretan fakta Tanjakan Sitinjau Lauik. Tidak hanya dikenal ekstrem, jalur transportasi darat yang menikung nan ekstrem ini cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Fakta Tanjakan Sitinjau Lauik

Tanjakan Sitinjau Lauik adalah ruas jalan yang panjangnya kurang lebih 15 kilometer yang ada di jalan lintas Sumatera, tepatnya di Jalan Raya Padang-Jambi, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ruas jalan ini banyak dikenal karena lintasannya yang cukup ekstrem untuk sebagian orang. Pengemudi yang tak lihai mengendari kendaraan akan mengalami kesulitan saat melintasinya. Lalu, apa saja fakta menarik di baliknya?

  1. Tanjakan Tinggi nan Menikung

Lintasan ini adalah salah satu dari beberapa jalur ekstrim yang ada di Sumatera yang berupa belokan tajam namun menanjak. Tanjakan ini berada di ketinggian 220 mdpl. Saat melintasi tanjakan ini Anda akan merasakan suhu yang cukup sejuk.

  1. Bisa Melihat Kota Padang dari Ketinggian

Karena lintasan ini berada di perbukitan, pemandangan yang bisa dilihat dari lintasan ini sangat indah karena menyajikan pemandangan Kota Padang dari ketinggian. Masyarakat dan wisatawan tak jarang berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan.

  1. Rawan Longsor

Salah satu fakta tanjakan Sitinjau Lauik adalah rawan longsor. Hal ini karena lokasinya di dataran tinggi tanpa pembatas yang kokoh, diperparah dengan banyaknya kendaraan pengangkut yang kelebihan muatan dan sering melintasi ruas jalan ini.

  1. Banyak Memakan Korban

Tanjakan ini juga sering memakan korban dari pihak pengendara. Pemicunya beragam seperti kurangnya kehati-hatian pengendara yang tidak tahu medan. Selain itu jalan di lokasi ini cukup licin saat hujan hingga menyebabkan kecelakaan kendaraan bermotor.

Dikutip dari Kompas, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencatat bahwa setidaknya sudah ada 36 kecelakaan di lokasi ini pada tahun 2020 lalu.

  1. Memiliki Penjaga yang Cukup Banyak

Saat melintasi ruas jalan Sitinjau Lauik, Anda tak perlu kaget saat menemui “penjaga” yang cukup banyak yakni para warga. Mereka secara bergiliran akan berjaga di lokasi untuk menjaga dan membantu pengendara yang membutuhkan pertolongan. Penjagaan dilakukan selama 24 jam sehingga Anda tak perlu takut saat melintasinya.

  1. Dilalui Banyak Jenis Kendaraan

Rute ini termasuk rute nasional sehingga jadi jalan utama di Kota Pandang. Oleh karenanya kendaraan yang melintasi tanjakan ini cukup beragam mulai dari kendaraan bermotor roda dua, mobil keluarga, bus, bus tingkat, truk, tronton, dan sebagainya.

  1. Pintu Rezeki untuk YouTuber

Tanjakan ini tak hanya jadi objek wisata alam yang menyenangkan, namun bisa menjadi sumber penghasilan bagi para YouTuber setempat. Kebanyakan dari mereka adalah warga sekitar yang membagikan momen perjuangan pegendara saat berjuang melintasi ruas jalanan ekstrem ini. Bahkan beberapa akun YouTube tersebut memiliki banyak penonton hingga puluhan juta.

  1. Dianggap Angker oleh Sebagian Warga

Sebagian warga menganggap bahwa banyaknya kecelakaan yang terjadi di wilayah ini tak lepas dari hal mistis. Dikutip dari beberapa sumber, warga pecaya bahwa di tanjakan ini penunggu tak kasat mata meminta tumbal korban jiwa. Meski demikian anggapan tersebut tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Itulah beberapa fakta Tanjakan Sitinjau Lauik yang ada di Sumatera Barat. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi situs VOI.ID.