15 Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah yang Mudah Terdeteksi Beserta Perubahannya
Ilustrasi tanda kehamilan(Jonathan Borba on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanda kehamilan memang terlihat dari perubahan fisik. Selain dari perut, Anda juga bisa melihat ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Pasalnya, kadang terdapat perubahan yang mudah diteteksi dari ibu hamil.

Seperti yang diketahui, tanda kehamilan bisa dilihat dari perubahan fisik dan psikis. Fisik jadi tanda paling mudah untuk mengetahui apakah program kehamilan berhasil dilakukan atau tidak.

Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Melihat tanda kehamilan dari wajah memang memungkinkan terjadi, namun tergantung dari banyak hal. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah usia kandungan. Untuk lebih jelasnya, berikut VOI rangkumkan untuk Anda, diambil dari berbagai sumber.

1. Muncul Jerawat yang Tak Biasa

Jerawat ternyata jadi salah satu tanda kehamilan terjadi. Kemunculannya sedikit tak biasa di beberapa orang. Misalnya jerawat tumbuh di area tertentu yang sebelumnya belum pernah atau jarang terjadi. Kemunculan jerawat terjadi karena perubahan hormon. Meski bisa jadi salah satu ciri, namun kemunculan jerawat di wajah bukan jadi patokan tanda kehamilan.

2. Jerawat Bandel

Selain muncul di tempat yang tak biasa, jerawat yang muncul di wajah ibu hamil juga cukup bandel. Wanita dengan usia 20 hingga 30an saat hamil punya potensi tinggi tumbuh jerawat di wajah selama masa kehamilan. Jerawat ini berbeda pada jerawat yang muncul di luar kehamilan.

Ciri jerawat di masa kehamilan biasanya punya jangka waktu lebih lama dibanding jerawat biasa. Selain itu saat disentuh jerawat di masa kehamilan biasanya lebih keras dan lebih nyeri. Jerawat ini lebih susah dihilangkan meski telah menggunakan obat jerawat yang biasanya digunakan. Disarankan untuk tidak terlalu terobsesi pada kondisi jerawat agar ibu hamil tidak mengalami stress.

3. Muncul Flek Hitam

Kemunculan flek hitam di wajah ternyata banyak dialami oleh ibu hamil. Fenomena ini di kalangan masyarakat awam dikenal dengan sebutan “topeng kehamilan”, sedangkan dunia medis dikenal dengan nama melasma dan chloasma.

Munculnya flek hitam pada ibu hami sebenarnya terjadi karena beragam faktor, salah satunya adalah adanya peningkatan sensitifitas pada kulit wajah. Flek hitam pada ibu hami sendiri muncul di area tertentu yakni dahi, hidung, pipi, bahkan bibir.

4. Pembuluh Darah di Wajah Makin Nampak

Saat kehamilan, pembuluh darah kecil atau disebut kapiler akan mulai terlihat di area wajah, terutama di sekitar pipi. Di sebagian ibu hamil kapile bisa benar-benar terlihat, namun ada pula yang hanya terlihat samar.

Hal ini dikarenakan adanya tekanan pada kapiler wajah yang dipicu karena munculnya hormon estrogen di masa kehamilan. Selain itu bisa juga dipicu oleh adanya tekanan di pembuluh darah area wajah.

5. Kulit Wajah Makin Sensitif

Ciri orang hamil dari raut wajah juga berkaitan dengan sensitifitas kulitnya. Sensitifitas tersebut membuat wajah mudah berjerawat.  Sensitifitas di area wajah sendiri disebabkan karena adanya tarikan otot mengingat saat hamil tubuh akan membengkak. 

Untuk menghindari jerawat dan menjaga wajah tetap sehat ibu hamil bisa mengonsumsi jamu herbal diimbangi dengan gaya hidup sehat.

6. Wajah Chubby

Pelebaran di wajah terjadi tidak begitu ekstrem. Namun pelebaran tersebut cukup berdampak pada bentuk wajah yang terlihat makin chubby. Bagian wajah yang akan nampak chubby seperti pipi, bibir, hingga hidung.

Pelembaran terjadi karena bertambahnya bobot ibu di masa kehamilan. Selain itu efek chubby pada ibu hamil juga bisa dipicu oleh sirkulasi darah makin naik di selaput lendir. Karena kondisi itu tak heran jika wajah ibu hamil terlihat chubby. Namun tak perlu khawatir karena kondisi tersebut bersifat sementara dan bisa hilang dengan sendirinya.

7. Mata Terlihat Lelah

Kehamilan adalah salah satu hal yang membahagiakan sekaligus melelahkan. Rasa lelah itu bisa terlihat dari sorot mata yang nampak lelah. Selain itu, mata juga terlihat sembab karena ibu hamil lebih sensitif dan mudah menangis. Kondisi ini biasanya terjadi saat kehamilan di trimester pertama. Meski begitu tidak semua ibu hamil punya ciri-ciri ini.

8. Perubahan Warna Mata

Saat masa kehamilan, ada potensi perubahan  pada warana mata. Biasanya warna akan lebih gelap atau lebih pucat dibanding biasanya. Perubahan warna mata pada ibu hamil terjadi karena peningkatan hormon yang kemudian berpengaruh pada ketebalan dan kelengkungan kornea.

8. Kulit Wajah Makin Bersinar

Perubahan warna kulit sangat mungkin terjadi pada ibu hamil, khususnya di area wajah. Tak heran jika banyak anggapan bahwa saat hamil, kecantikan wanita makin bertambah. Salah satu pemicunya adalah kondisi ini.

Cerahnya wajah ibu hamil disebabkan oleh fluktuasi hormon, aliran darah meningkat hingga 50 persen, peningkatan produksi minyak, hingga pengencangan kulit sehingga wajah terkesan lebih kencang.

10. Bibir Kering

Di awal kehamilan, wanita akan mengalami morning sickness dengan tingkat yang berbeda-beda. Dampaknya bisa beragam, salah satunya adalah bibir kering karena cairan banyak terbuang saat muntah.

11. Kulit Wajah Kering

Morning Sickness  tidak hanya berdampak pada bibir kering, bahkan kulit wajah ikut terlihat kusam dan kering. Oleh karenanya disarankan ibu hamil minum air putih cukup serta konsumsi buah dan sayur.

12. Wajah Mudah Murung

Ibu hamil biasanya lebih mudah murung. Bahkan kemurungan bisa disebabkan karena hal sepele yang akan mudah dikenali lewat mimik wajah, terutama bagi ibu hamil yang tak pandai menyembunyikan perasaannya.

13. Alis Terlihat Lebih Gundul

Ibu hamil juga berpotensi mengalami kerontokan rambut alis dan bulu mata. Hal ini terjadi tidak pada semua ibu hamil. Kerontokan alis dan bulu mata terjadi lantaran ibu hamil kekurangan protein serta vitamin. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan tiroid karena tidak stabil.

14. Tahi Lalat atau Tanda Lahir Makin Gelap

Jika ibu hamil memiliki tahi lalat atau tanda lahir lain di wajah, biasanya warnanya condong lebih gelap dibanding saat kondisi biasa. Hal ini bisa terjadi karena hormon progesteron dan estrogen mengalami peningkatan saat hamil. Saat terjadi peningkatan tersebut, sel melamin akan menghasilkan pigmen di kulit wajah dan berimbas pada makin gelapnya tahi lalat.

15. Wajah Mudah Berminyak

Sebagian wanita hamil akan sangat mudah berminyak di area wajah. Produksi minyak ini yang kadang memicu anggapan bahwa ibu hamil biasanya punya wajah berkilau. Tentu saja kondisi ini berkaitan secara langsung dengan perubahan hormon saat hamil.

Itulah beberapa ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang mudah terdeteksi. Patut digaris bawahi bahwa untuk mengetahui tanda kehamilan yang lebih akurat, ibu harus memeriksakan diri ke dokter kandungan agar mendapat informasi lebih akurat serta mendapatkan saran terbaik terkait kehamilan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain seputar kehamilan kunjungi VOI.ID.

Terkait