Agar Postur Tubuh Tetap Terjaga Baik, Ketahui Berapa Batas Berat Maksimal Tas Sekolah Anak
Ilustrasi (Thirdman/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Libur telah usai, saatnya kembali ke sekolah. Buku, alat tulis, bekal makanan, minuman, serta baju ganti, atau sepatu olahraga pun siap kembali memenuhi tas sekolah anak. Melihat anak yang membawa tas besar, terkadang kita merasa gemas, tapi sesungguhnya ada yang perlu diperhatikan tentang tas, terutama beratnya.

Para ilmuwan kebanyakan sudah sepakat menyatakan bahwa tas ransel yang digunakan murid sekolah  harus dibatasi, tak lebih dari 10 persen berat tubuh si anak. Lalu bagaimana dengan ransel troli beroda yang kini sering dibawa anak ke sekolah? Apakah ini pilihan yang lebih bijak? 

Dalam artikel yang dipublikasikan di jurnal/ Applied Ergonomics kemudian disiarkan juga dalam bagian Ergonomics di Journal Citation Reports, para peneliti dari University of Granada (Department of Physical Education and Sports and the Laboratory for the Analysis of Movement dan HubemaLab) dan Liverpool John Moores University untuk pertama kalinya menetapkan batas maksimal ransel yang menggunakan roda bagi anak adalah 20 persen dari berat badan anak.

Pada anak-anak di 49 sekolah dasar peneliti mengamati kinematic anak (postur dari pinggang ke bawah) saat mereka berjalan tanpa beban, berjalan sambil membawa ransel biasa, dan berjalan sambil membawa ransel troli beroda dengan beban yang bervariasi (10 persen, 15 persen, dan 20 persen berat tubuh masing-masing anak). 

Dari penelitian itu ditemukan bahwa secara kinematic, membawa (biasanya dengan cara menarik) ransel troli beroda pada anak lebih sedikit mengalami perbedaan jika dibandingkan dengan saat anak membawa ransel, meski beratnya ringan. 

Beban saat membawa ransel yang terlalu berat pada anak-anak akan membuat gangguan antara lain rasa sakit pada leher, punggung, dan bahu terasa kaku. Anak-anak juga jadi lebih mudah kelelahan. Lama-kelamaan ini juga akan memengaruhi postur anak. Pasalnya saat membawa beban berat, tubuh akan cenderung membungkuk.

Mumpung masih awal tahun ajaran, coba timbang berapa berat tas anak Anda. Jika membawa ransel terlalu berat, ransel troli beroda bisa jadi pilihan.