Bagikan:

JAKARTA - Usia Montserrat Gizelle mungkin masih muda, 14 tahun. Namun, gadis kelahiran 3 September 2008 ini memulai debut aktingnya dengan membintangi sinetron Kun Anta pada tahun 2018.

Namanya mulai dikenal sejak membintangi sinetron Dari Jendela SMP pada tahun 2021. Meskipun masih remaja, namun Montserrat telah yakin bahwa akting adalah jalan hidup yang dia mau.

"Jadi aku mulai syuting di umur 9 tahun. Syuting pertama aku sinetron Kun Anta itu 2018. Aku tuh tertarik sama dunia akting udah lumayan lama sih sebenarnya cuma mulai berani umur 8," ujarnya sat berkunjung ke kantor VOI beberapa waktu lalu.

Montserrat yang masih anak-anak tentu tidak bisa langsung mendapat kepercaraan dari orang tua. Sekolah tetap menjadi prioritas utama untuknya.

"Aku baru berani itu baru sekitar umur 8 itu aku bilang sama orang tuaku. Kayak aku pengen deh mah coba ke dunia entertainment dimana awalnya mereka gak support sih mereka tuh (lebih) ke sekolah gitu gitu tapi akhirnya ya mereka jadi inilah," kenangnya.

Perlu usaha lebih untuk mendapatkan izin mencoba akting pertama kali. "Aku bilang suatu hari aku bakalan bikin kalian bangga dengan film. Terus mereka yakin kayak boleh deh coba," katanya.

Montserrat Gizelle (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Untuk menunjukkan keseriusannya, Montserrat sempat membuat video akting. Gadis kecil itu belajar otodidak lewat YouTube.

"Kayak ngerekam diri sendiri gitu, aku lagi akting gitu. Terus aku tunjukin ke mereka gitu. Aku juga sempat kayak liat-liat video di YouTube kayak pelajaran akting," jelasnya.

Dia menyadari bahwa usahanya belum maksimal, namun jejaknya membuat bangga. Penolakan-penolakan yang dialami tak membuatnya menyerah.

"8 tahun masih bocil sih jadi kadang-kadang belum terlalu paham sama dunia kayak gini. Dunia itu kan sebenarnya sangat luas terus pas aku masih 8 tahun aku masih belum bisa menanggapi rejection dengan baik, jadi kalau ditolak aku masih suka breakdown. Kalau sekarang ya yaudah yang pasti sih jangan menyerah dan kita musti percaya sama diri kita sendiri. Kita harus percaya kalau masih banyak kesempatan di luar sana," katanya

Keyakinan akan bakat akting terbukti dengan akting yang tak pernah berhenti sejak debut. Bukan cuma sinetron, 11 judul FTV telah dibintanginya. Layar lebar pun masuk dalam filmografinya lewat debut Sebelum Iblis Menjemput 2 pada tahun 2020.

Memang, perannya adalah peran kecil tanpa nama. Namun, akhirnya Montserrat mendapat peran signifikan di film The Doll 3 sebagai Mikha.

Montserrat Gizelle (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Semangat pantang menyerah dan terus mencoba membuatnya berhasil mendapatkan berbagai peran. "Dari sinetron Kun Anta dulu baru ke FTV-FTV. Akhirnya aku coba casting untuk film habis itu aku dapat satu, casting lagi akhirnya dapat The Doll 3 ini," katanya.

Ini adalah pencapaian yang diimpikannya, namun dia tak mau puas. "Sebenarnya kan ini cita cita aku dari dulu yah jadi ya pengen aku kembangkan aja sih. Masih banyak hal-hal yang belum kita coba. Dan mungkin belum jodoh," paparnya.

Bukan cuma akting, Montserrat Gizelle memulai debutnya sebagai penyanyi pada tahun 2021 dengan merilis single perdananya berjudul Dunia Mimpi. Totalitasnya karir menuntut waktu belajarnya.

Kewajiban belajar tak bisa diabaikan, sementara kemauan akting juga tak bisa disepelekan. Karena itu Montserrat memilih home schooling.

"Sebenarnya sekolah keganggu ya keganggu sih makanya sekarang aku homeschooling ya," paparnya.

Seolah dewasa melebihi usia, Montserrat sadar itu adalah risiko yang harus diambil. "Karena udah terlanjur ya dan ini kan kemauanku dari kecil jadi mau enggak mau ya kita harus siap mengambil risiko. Ya risikonya itu," katanya.

Mencoba Semua Kesempatan yang Ada

Montserrat Gizelle (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Setelah mendapat restu dari orang tua, karir Montserrat Gizelle seolah tak terbendung. Banyak kesempatan didapatkannya. Kerja keras tak pernah menghianati hasil sehingga dia merasa bangga.

"Yang pasti mungkin ada rasa bangga ya, senang ya setelah semua yang aku korbankan, aku bisa hasilin," paparnya.

Orang tua kini bahkan mendorongnya untuk mencoba berbagai hal di dunia entertaiment. "Sebenarnya dari kecil aku tertarik main film cuman waktu itu mama bilang “Kamu mau coba nyanyi gak”. Kan nyanyi juga bagian dunia entertainment juga kan jadi ya kamu mau coba gak?" katanya.

"Terus mama bilang kalau bisa di dunia entertainment itu jangan main film doang tapi nyanyi juga tapi lain lain, modeling juga," lanjutnya.

Pandemi membuat mimpinya sempat tertunda. Karena Montserrat harus menunggu 3 tahun untuk melihat film The Doll 3 tayang di bioskop.

"Film pertamaku itu tahun 2019. Jadi sebenarnya produksi ftv dan PH film ini sama jadi pas ngadain casting itu aku ikutan dan keterima. Tahun 2019 aku ditawarin main The Doll 3. Tayangnya tertunda karena pandemi," katanya.

Montserrat Gizelle (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Bukan cuma pendidikan yang harus dikorbankan untuk berkarir akting sejak muda. Masa berteman dan bermain harus dikorbankan juga. Padahal Montserrat suka menjadi pusat perhatian.

"Ya sebenarnya dari kecil aku suka jadi the center of attention. Aku suka lihat idola aku di tv dan pengen deh satu judul sama dia," katanya.

Sayangnya, saat berusia 8 tahun, dia merasa tak punya temen. Bukannya sedih, dia justru menjadikan hal itu sebagai motivasi belajar akting.

"Aku dijauhi lah. Aku gak ada temen. Aku pikir di dunia entertainment bisa ketemu orang baru, bisa kenal sama banyak orang. Jadi mungkin itu yang jadi alasan aku ke dunia akting," jelasnya.

"Walaupun aku sempat stres karena capek diomongin tapi deep down aku masa kayak mau nyerah gitu aja. Itu yang bikin aku bangkit lagi," imbuh Montserrat.

Karena sudah niat masuk dunia akting, jalan pun terbuka. Begitu mendapat kesempatan, Montserrat menyerap ilmu dari aktor yang lebih senior.

"Kita ketemu sama senior itu diajarin sama mereka juga jadi dari semua judul itu aku dapat ilmu," tegasnya.

Montserrat Gizelle (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Persis sebagaimana yang dipikirkan anak remaja, Montserrat tak banyak berfikir tentang kerja atau pendapatannya. Bahkan baginya, syuting adalah area bermain.

"Sebenarnya tergantung sama orang. Kalau mindset kerja ya udah tapi di dunia itu gak semuanya tentang kerja. Kita kalau syuting kan main apalagi kalo main sama yang seumuran itu pendidikan penting jadi harus dikembangin. Waktu itu aku syuting sinetron dari Jendela SMP itu ada ujian aku minta izin dan untungnya dibolehin," katanya.

Montserrat Gizelle mantap ingin mengembangkan aktingnya lewat lebih banyak film, FTV, sinetron. "Pokoknya mengembangkan dan sukses dari sekarang," tegasnya.

Lantas apa yang membuatnya yakin dan percaya diri? "Sosok orang tua tuh penting karena mereka pahlawan aku tanpa support aku kayaknya aku gak seperti sekarang," katanya.

"Awalnya mereka nervous terus mereka di ruang casting nih bisa masuk terus mungkin karena grogi akhirnya mereka pergi. Mereka reach out lah sesekali nanya gimana film kamu," imbuh Montserrat Gizelle.

Tak mau instant, Montserrat Gizelle masih ingin belajar. Casting pun akan dijalani untuk karir lebih gemilang di depan.

"Next project yang pengen aku pengen banget main film. Di tahun ini aku casting di beberapa tempat lain. Semoga di tahun ini aku dapat film satu lagi," harapnya.

Montserrat Gizelle pun ingin mendapat karakter yang berbeda-beda. "Yang pasti sih karakter yang bukan kayak karakter aku di The Doll ini," imbunya. .