Seperti Rini S Bon Bon, 5 Artis Ini Meninggal Dunia dengan Riwayat Sakit Diabetes
Makam Papa T Bob yang meninggal karena diabetes (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komedian Irni Yusnita alias Rini S Bon Bon meninggal dunia pada Minggu, 10 Juli lalu. Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, sang komedian rupanya memiliki riwayat penyakit diabetes.

Rini mengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2 sejak 1996 dan membuatnya harus bolak-balik menjalani perawatan di rumah sakit. Kemudian pada 2014, dia sempat dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut.

Sayangnya, diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa sembuh total. Penderitanya harus berdamai dengan mengontrol pola hidup sehat dan diet sesuai dengan kadar gula dalam tubuh.

Selain Rini, berikut ini adalah lima artis yang juga berjuang melawan diabetes hingga akhir hayatnya.

Papa T Bob

Lahir pada 22 Oktober 1960, Papa T Bob merupakan musisi yang banyak menciptakan lagu anak-anak, di antaranya "Diobok-obok" yang dinyanyikan oleh Joshua dan "Bolo Bolo" oleh Tina Toon.

Dikutip dari ANTARA, Papa T Bob meninggal pada 10 Juli 2020 setelah dua tahun berjuang melawan penyakit diabetes yang membuatnya mengalami komplikasi. Sebelum meninggal, dia mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit selama dua bulan.

Omas

Komedian Omaswati atau yang dikenal dengan nama Omas kerap tampil di berbagai acara televisi. Selain melawak, dia juga membintangi beberapa judul sinetron.

Dia meninggal pada 16 Juli 2020 karena beberapa penyakit termasuk diabetes yang sudah lama dideritanya.

Oon Project Pop

Mochamad Fachroni atau Oon Project Pop meninggal dunia pada 13 Januari 2017 akibat penyakit diabetes yang berujung komplikasi.

Oon ternyata telah lama mengidap diabetes dan baru terdeteksi saat dia berusia 38 tahun. Diabetes yang diderita Oon rupanya merupakan penyakit turunan dari sang ayah.

Frans Tumbuan

Frans Tumbuan adalah aktor yang telah eksis membintangi banyak judul film sejak tahun 1970-an. Dia merupakan suami dari mendiang aktris Rima Melati.

Frans meninggal pada 23 Maret 2015 dalam usia 75 tahun karena komplikasi penyakit yang berawal dari diabetes. Penyakit tersebut kemudian menyebabkan masalah pada organ lain termasuk ginjal dan paru-paru.

Tata Dado

Tata Dado meninggal dunia pada 18 Maret 2013 dalam usia 47 tahun akibat stroke dan diabetes yang dideritanya sejak 2011. Semasa hidup, presenter yang juga komedian itu memang gemar minum minuman bersoda.