5 Alasan Makan Makanan Berprotein Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi alasan makan makanan berprotein bermanfaat untuk kesehatan (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Protein merupakan makanan makronutrien selain lemak dan karbohidrat. Makanan dengan tinggi protein antara lain telur, susu, daging tanpa lemak, ikan, dan daging ayam. Buat Anda yang sedang berdiet dan menjaga kesehatan, protein penting untuk dikonsumsi cukup dalam menu sehari-hari. Sebab protein berperan penting dalam fungsi tubuh, maka ini alasan pentingnya makan makanan berprotein.

1. Membentuk otot

Saat menurunkan berat badan, massa otot berkontribusi dalam metabolisme dan mengelola energi. Apabila massa otot menurun, tingkat metabolisme juga menurun. Maka, kehilangan banyak otot selaras dengan kurang efektifnya diet yang sedang dilakukan. Inilah sebabnya mengapa makan daging atau sumber protein lain bisa bermanfaat dalam membentuk otot sekaligus membantu metabolisme bekerja secara efektif.

2. Memberi asupan asam amino cukup

Mengutip American Association of Colleges of Pharmacy, Selasa, 14 Juni, saat protein dikonsumsi kemudian akan dipecah tubuh menjadi asam amino. Fungsi dari asam amino adalah mengangkut molekul ke seluruh tubuh, merangsang pertumbuhan otot, dan meningkatkan metabolime Anda. Selain itu, asam amino membantu penyerapan vitamin, produksi energi, dan perlindungan terhadap virus serta bakteri.

alasan makan makanan berprotein bermanfaat untuk kesehatan
Ilustrasi alasan makan makanan berprotein bermanfaat untuk kesehatan (iStockphoto)

3. Membantu berat badan stabil

Bagi Anda yang sedang mempertahankan berat badan, konsumsi protein adalah salah satu cara alternatif yang direkomendasikan. Dengan cukup memasukkan protein dalam menu diet Anda, manfaat dari protein seperti membakar lemak lebih cepat, memecah makanan lebih cepat, dan penyerapan makanan lebih efektif akan didapat.

Makanan dengan kandungan tinggi protein juga membantu Anda kenyang lebih lama. Artinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi protein saat makan siang dan makan malam untuk menghindari ngemil ketika malam telah larut.

4. Baik untuk tulang dan kulit

Asupan protein juga baik untuk membangun tulang, otot, jaringan otot, dan jaringan kulit. Tak hanya membuat tulang semakin kuat, tetapi protein juga membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan tidak kering bersisik. Ditambah lagi, kuku akan tumbuh lebih cepat dan teksturnya halus.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Makanan lebih banyak protein juga berarti sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat. Dengan sistem kekebalan yang kuat, maka tubuh akan menghasilkan cukup antibody untuk melawan serangan bakteri dan virus. Efeknya lebih jauh membuat Anda tak mudah sakit dan selalu sehat.

Itulah kelima alasan mengapa perlu makan makanan berprotein. Tetapi dalam diet sehari-hari, Anda tetap perlu menghitung porsi, makan tepat waktu, dan pilih jenis makanan berprotein yang sehat atau sesuai dengan aturan diet yang Anda jalani.