Gilbert Gottfried, Pengisi Suara <i>Aladdin</i> Meninggal Dunia karena Penyakit Genetik Otot Langka
Gilbert Gottfried (Twitter @RealGilbert)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor dan komedian Gilbert Gottfried meninggal dunia pada Selasa, 12 April waktu Amerika Serikat. Keluarga sang aktor memberi pernyataan lewat media sosial dan menyebut ia meninggal pada usia 67 tahun.

“Kami mengumumkan meninggalnya Gilbert Gottfried tercinta setelah mengidap penyakit dalam waktu yang lama. Sebagai pengisi suara ikonik dalam dunia komedi, Gilbert adalah suami, adik, teman, dan ayah yang baik untuk dua anaknya,” tulis pernyataan keluarga.

“Meskipun hari ini adalah hari yang menyedihkan untuk kita, mari tertawa sekencang mungkin sebagai penghormatan untuk Gilbert,” tutupnya.

Kabarnya, Gottfried meninggal setelah karena penyakit genetik otot yang langka yang bisa memicu irama jantung abnormal karena distrofi miotonik tipe 2.

Gilbert Gottfried menjadi pengisi suara dan komedian untuk sejumlah dokumenter dan film. Namun film animasi Aladdin dari Disney tahun 1992 adalah yang paling ikonik. Ia mengisi suara Iago dalam film tersebut.

Ia kembali mengisi suara Iago untuk sekuel Aladdin 2: The Return of Jafar, serial Aladdin tahun 1994, serta House of Mouse awal tahun 2000-an. Gottfried juga bergabung sebagai komedian dalam acara Saturday Night Live.

Pada tahun 2017, aktor kelahiran 1955 itu menjadi subjek dokumenter film Gilbert yang tayang di Festival Film Tribeca. Selain itu, dia juga memerankan film Hannah Montana, Sesame Street, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Fairly OddParents, Ren and Stimpy, SpongeBob SquarePants, Doctor Dolittle, dan lainnya.

Menjelang akhir hayatnya, Gilbert Gottfried masih tampil sebagai komedian di Paradise Theatre. Cuitan terakhirnya membicarakan kejadian Will Smith dan Chris Rock.

“Apa kejahatan terburuk? Chris Rock diserang secara fisik atau Chris membicarakan lelucon?” tulis Gilbert Gottfried.

Gilbert Gottfried meninggalkan satu istri dan dua anak.