Film Serangan Fajar Dokumentasikan Sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Soeharto di Jogjakarta
Film Serangan Fajar

Bagikan:

JAKARTA - Film Serangan Fajar merupakan film semi dokumenter drama peperangan di Indonesia. Film ini mengambil latar belakang peristiwa sejarah, namun dihadirkan dengan kemasan kisah fiktif seorang anak bernama Temon yang merupakan tokoh sentral pada film ini.

Film Serangan Fajar diproduksi pada tahun 1982 dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Mengangkat kisah Perang Kemerdekaan, menampilkan beberapa fakta sejarah yang terjadi di daerah Yogyakarta.

Peristiwa-peristiwa patriotik itu ialah penaikan bendera Merah Putih di Gedung Agung, penyerbuan markas Jepang di Kota Baru, penyerbuan lapangan terbang Maguwo dan serangan beruntun di waktu fajar ke daerah sekitar Salatiga, Semarang.

Dalam peristiwa bersejarah itu memperlihatkan ribuan pemuda dan rakyat Yogyakarta, juga para pemimpin mereka, seperti Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Soeharto.

Semua peristiwa di atas dirangkai dengan kehadiran Temon, anak laki-laki kecil yang masih lugu, di sela-sela perang bersama neneknya. Dia selalu menanyakan ayahnya yang sudah tiada. Kehadiran seorang pejuang telah menjadi figur ayahnya. Terselip pula kisah keluarga bangsawan Yogyakarta, di mana Romo ikut gigih membantu pejuang.

Sementara istrinya selalu ketakutan akan kehilangan kastanya sebagai bangsawan, karena salah satu anaknya menjalin cinta dengan seorang pemuda pejuang dari rakyat jelata. Film Serangan Fajar tayang di tvOne pada hari Minggu, 27 Maret 2022, pukul 20.00 WIB.