Sederhana tapi Cantik, Ini 5 Potret Idayati Adik Jokowi yang Dilamar Ketua MK Anwar Usman
Ilustrasi Potret Idayati Adik Presiden Jokowi (Sumber: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Kabar bahagia dari keluarga Presiden Jokowi, adiknya, Idayati usai dilamar Ketua MK, Anwar Usman. Pernikahan rencana dilangsungkan pada Mei mendatang.

Sosok adik Jokowi yang berusia 55 tahun ini tak banyak dikenal publik. Idayati ialah salah satu dari tiga adik perempuan orang nomer satu di Indonesia selama dua periode, selain Iit Sriyantini dan Titik Relawati. Empat bersaudara ini merupakan putra-putri dari Notomiharjo dan Sudjiatmi.

potret idayati adik jokowi
Potret Idayati Adik Presiden Jokowi (Sumber: Antara/HO-Dok. Pribadi)

Idayati memiliki satu putra dan satu putri. Suaminya meninggal karena stroke pada tahun 2018. Kemudian mengaku dikenalkan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anmar Usman, oleh temannya.

potret idayati adik jokowi
Potret Idayati dan Anwar Usman (Sumber: Correcto)

Ida juga bercerita bahwa aktivitasnya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Jelasnya “Sebagai ibu rumah tangga, dulu suami yang kerja.

Almarhum suaminya, Hari Mulyono, merupakan teman kuliah Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta.

potret idayati adik jokowi
Potret tiga adik kandung Presiden Jokowi, paling kiri, Idayati (Sumber: Medcom)

Lamaran oleh Anwar Usman dilaksanakan pada 12 Maret 2022 di Balai Kota Solo. Hal ini dibenarkan oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Namun ia tak hadir dalam prosesi lamaran. Pasalnya, ia masih menjalani masa isolasi mandiri COVID-19.

potret idayati adik jokowi
Potret Presiden Jokowi, Ibu Sudjiatmi, dan ketiga adiknya (Sumber: Wikipedia)

Idayati lahir ditahun di mana situasi politik Indonesia tidak menentu. Ia lahir pada 26 Mei 1966. Sang bunda, Sudjiatmi, menuliskan dalam buku Saya Sujiatmi, menganggap bahwa putrinya adalah sosok bayi ‘ajaib’ karena bisa melewati masa-masa tak menentu pada masa itu.

potret idayati adik jokowi
 Idayati dalam peringatan ulang tahun almarhumah sang ibu (Instagram/@indonesiasentrisfound)

Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., merupakan pria yang lahir di Bima pada 31 Desember 1956. Menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi masa periode 2 April 2018 – 6 April 2026. Istrinya, Suhada Ahmad Sidik meninggal pada 26 Februari 2021 karena penyakit jantung.

Dalam satu waktu, Ida mengaku sejak bapaknya meninggal, kakak sulungnya, Joko Widodo berperan menggantikan sosok bapak bagi adik-adiknya. Perempuan yang sederhana nan cantik ini rencana akan menikah dengan Anwar Usman pada Mei 2022.