<i>Tak Tergantikan</i>, Dedikasi Mikha Tambayong untuk Ibunda
Mikha Tambayong (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Mikha Tambayong melepas lagu bertajuk Tak Tergantikan. Lagu ini merupakan persembahan khusus Mikha kepada mendiang sang ibunda, Deva Malaiholo yang meninggal setahun lalu. 

Bagi Mikha, Tak Tergantikan adalah lagu yang sangat personal sekaligus emosional. Karena itu, Mikha sengaja merilis lagu tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun sang ibu.

"Aku agak kekeuh di 6 agustus karena ini adalah hari ulang tahun almarhumah ibuku. Ini tribute aku untuk almarhumah ibuku jadi kok kayaknya pas ya kalau aku rilis di hari ini," ujar Mikha dilansir dari Antara, Jumat, 7 Agustus.

Kehilangan sosok yang sangat dekat bukan hal yang mudah bagi Mikha. Dia mengaku butuh waktu hingga setahun penuh untuk bisa bangkit dan menjalani hari-hari seperti sedia kala.

Mikha kemudian berbincang dengan Ifa Fachir soal keinginan untuk membuat lagu yang dipersembahkan kepada ibunya. Idenya pun bersambut, Mikha menulis lirik bersama Deva Mahenra dan pengolahan musik dilakukan oleh Ifa.

"Aku butuh satu tahun untuk menerima dan baru mulai terbiasa hidup enggak ada ibuku. Waktu nulis lagu aku kurang ekspresif jadi aku minta bantuan sama tim, aku ungkapin apa yang aku rasain sampai akhirnya jadi potongan lagu ini," kata Mikha.

Meskipun lagu ini sangat personal baginya, Mikha percaya bahwa setiap orang punya sudut pandang berbeda tentang sosok tak tergantikan dalam hidup mereka sehingga lagu ini bisa dinikmati siapa pun dan dipersembahkan untuk seseorang yang mereka cinta.

"Aku, personal buat ibuku tapi siapa pun yang mendengarkan bisa related jadi enggak perlu satu sosok spesifik yang sama dengan aku. Aku penginnya siapa pun yang dengar bisa terbawa suasana dan bisa mendedikasikan lagu ini untuk siapa pun yang tak tergantikan tersebut," tutup Mikha.