Kebut <i>Groundbreaking</i>, Ini Proyek IKN yang Mulai Jalan hingga Desember 2023
Presiden Jokowi melakukan groundbreaking di IKN (Foto: tangkapan layar youtube setpres)

JAKARTA - Peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dilakukan secara bertahap oleh pemerintah.

Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat, total injeksi modal yang ditargetkan pemerintah dari para investor lokal mencapai Rp45 triliun hingga akhir 2023 ini.

Tak hanya sekadar komitmen, beberapa investor lokal benar-benar merealisasikan pembangunan di IKN dengan melaksanakan tahapan peletakan batu pertama atau groundbreaking di sepanjang 2023.

1. Groundbreaking Tahap 1 (Agustus-September 2023)

Groundbreaking proyek pembangunan tahap I dimulai oleh Sugianto Kusuma atau Aguan yang memimpin Konsorsium Nusantara.

Konsorsium Aguan Cs menjadi pionir yang melaksanakan groundbreaking proyek di IKN. Berdasarkan catatan VOI, konsorsium tersebut akan membangun Hotel Nusantara yang tak lain merupakan hotel bintang 5 pertama di kawasan IKN dengan komitmen nilai investasi jumbo sebesar Rp20 triliun.

Groundbreaking proyek milik konsorsium ASG tersebut dilaksanakan dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 21 September.

Konsorsium Agung Sedayu sendiri terdiri dari 10 perusahaan kelas kakap di Tanah Air, seperti Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusuma alias Aguan, Salim Grup milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto dan Djarum milik Budi Hartono.

Kemudian, ada Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, hingga Astra Group milik Soeryadjaya.

Selanjutnya, rumah sakit Abdi Waluyo yang menjadi proyek swasta kedua dibangun di IKN. Proyek ini telah melaksanakan peletakan batu pertama pada Jumat, 22 September 2023.

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Rumah Sakit Abdi Waluyo menjadi rumah sakit pertama yang ada di IKN. Dalam laporannya, nilai investasi dari proyek ini dilaporkan mencapai Rp2 triliun dengan total 400 kamar tersedia.

Selain itu, ada PT Sirius Surya Sentosa atau Vasanta Group yang telah resmi memulai pembangunan di IKN. Groundbreaking Vasanta Group sendiri telah dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Sabtu, 23 September 2023.

2. Groundbreaking Tahap 2 (November 2023)

Groundbreaking IKN tahap 2 telah menghasilkan investasi sebesar Rp12,5 triliun yang secara resmi dilakukan pada 1 November 2023. Rinciannya, nilai investasi itu disuntik oleh tiga investor lokal, yakni Mayapada Group milik Dato Sri Tahir, PT Medialoka Hermina Tbk (HEAL), hingga PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) milik Alexander Tedja.

Diketahui, nilai investasi groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara ini mencapai Rp500 miliar, sedangkan, pembangunan rumah sakit ke-3 di IKN oleh RS Hermina nilainya mencapai Rp650 miliar.

Kedua rumah sakit baru itu akan dibangun dengan mengusung konsep green hospital yang akan mendorong percepatan pembangunan IKN dan ditargetkan mulai beroperasi pada semester II 2024.

Di hari yang sama, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) melalui anak usahanya PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA) turut secara resmi menyampaikan komitmennya untuk membangun IKN melalui garapan proyek superblok senilai Rp5 triliun.

Proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara memiliki lahan seluas 7,2 hektare (ha) yang berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu Titik Nol IKN Nusantara.

Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Lalu, disusul dengan pembangunan pusat perbelanjaan, hotel Tribute Portfolio by Marriott, serta Hotel Westin.

Selain itu, Jokowi juga melaksanakan groundbreaking Bandara VVIP di IKN untuk mendukung konektivitas, serta melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.

Bandara itu bakal berdiri di atas lahan seluas 347 ha serta mempunyai runway ataupun landasan pacu sepanjang 3.000 meter (m) dengan lebar 45 m. Bandara ini dibentuk dengan APBN senilai Rp4,2 triliun serta ditargetkan beroperasi penuh pada Desember 2024.

Dalam groundbreaking tahap kedua ini, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu, 1 November 2023.

Jokowi mengatakan, bahwa fasilitas SDN 020 Sepaku akan dibangun oleh Yayasan Pendidikan Astra selama 10 bulan.

Pada kesempatan sama, Jokowi turut melangsungkan groundbreaking pembangunan proyek sekolah Nusantara Intercultural School (NIS) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun NIS menjadi sekolah bertaraf internasional perdana yang dibangun Jakarta International School (JIS) di IKN.

Tak hanya itu, Jokowi juga meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Rumah Sakit Hermina Nusantara yang dibangun PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) di IKN Nusantara.

Dalam penjelasannya, Jokowi mengungkapkan bahwa nilai investasi dari pembangunan rumah sakit ketiga di IKN tersebut nilainya mencapai Rp650 miliar.

Berlanjut pada 2 November 2023, Jokowi meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan IKN Nusantara.

Dimulainya pembangunan ini memperkuat komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung program-program strategis pemerintah, serta merupakan salah satu upaya untuk memperluas cakupan kepesertaan di wilayah tersebut.

Kemudian, PT PLN (Persero) juga siap memenuhi kebutuhan listrik hijau di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt (MW).

Peletakan batu pertama atau groundbreaking PLTS pionir pembangkit energi baru terbarukan (EBT) ini dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi, pada Kamis, 2 November.

Selanjutnya, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek pembangunan kantor Bank Indonesia (BI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan, keberadaan kantor BI di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia usaha dan investor.

"Dan hari ini kami kembali groundbreaking untuk pembangunan kantor BI di IKN. Kalau BI sudah mulai membangun mau apa kami? Karena yang pegang uang semuanya ada di bank sentral kami. Sekali lagi keberadaan kantor BI di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia usaha dan investor karena otoritas moneter perbankan telah ada dan siap mendukung IKN, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di IKN," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 2 November 2023.

3. Groundbreaking Tahap 3 (Desember 2023)

Peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap ketiga berlanjut pada Desember 2023 ini. Proses groundbreaking tahap ketiga di IKN itu melibatkan sejumlah pelaku bisnis lokal hingga lembaga pemerintah yang akan membangun fasilitas penunjang di IKN.

Jokowi mengatakan, groundbreaking proyek investasi tahap ketiga itu akan melengkapi sejumlah fasilitas dasar di IKN guna menunjang ekosistem bisnis, kesehatan, hingga olahraga.

Pada groundbreaking tahap ketiga ini, Jokowi mulai meresmikan prosesi peletakan batu pertama untuk proyek Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Rabu 20 Desember. Dengan kehadiran RSUP, Jokowi menyebut total sudah ada tujuh (7) proyek rumah sakit yang dibangun di IKN.

Jokowi pun melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung II Kampus Nusantara Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Gunadarma.

Kepala Negara juga menilai bahwa Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas besar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak dan akan terus bertambah di Kampus Nusantara.

“Dan yang disini Ibu Rektor tadi menyampaikan memang semester pertama ini baru 200, tetapi tahun depan diperkirakan sudah 700 mahasiswa,” kata Jokowi.

Menunjang keamanan di IKN, Jokowi pun juga meresmikan pembangunan Gedung Kepolisian Negara Republik Indonesia resor (Polres) khusus IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Polres Khusus IKN ini akan memiliki luas bangunan 6.189 meter persegi dari total lahan seluas 12 hektare, dan akan dibangun sekitar sembilan bulan dengan anggaran sebesar Rp160 miliar.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dimulainya pembangunan Komando Distrik Militer (Kodim) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Desain Kodim yang dibangun di atas lahan seluas 3,29 hektare dengan segala sarana dan prasarana pendukungnya harus disesuaikan dengan visi IKN sebagai forest city.

Groundbreaking apartemen The Pakubuwono Nusantara di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. pembangunan dua tower apartemen monumental dengan investasi kurang lebih Rp1 triliun tersebut akan menghadirkan hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan BSH Hub Community di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. pembangunan BSH Hub Community ini dapat melengkapi fasilitas yang ada di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu, presiden juga melaksanakan groundbreaking Nusantara Superblock, proyek yang dibangun oleh Balikpapan Superblock yang dikelola oleh PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) milik konglomerat Christopher Sumasto Tjia.

Lebih lanjut, Jokowi merinci, area kawasan terpadu yang akan digarap oleh Balikpapan Superblock tersebut akan dibangun di lahan seluas 7,5 hektare (ha), yang mana sebesar 40.000 meter persegi akan dibangun pusat perbelanjaan.

Kemudian, kawasan terpadu tersebut juga nantinya akan memiliki hotel bintang 5 sebanyak 215 kamar, hotel bintang 4 sebanyak 200 kamar, 8 tower apartemen, 2 tower area perkantoran, 1 sekolah internasional dan tempat hiburan.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking The Pakubuwono Nusantara di IKN, Kalimantan Timur.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan transportasi ramah lingkungan di IKN Nusantara, pada hari ini. Adapun transportasi ramah lingkungan yang dimaksud merupakan komitmen investasi dari PT Blue Bird Group Tbk.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)