シェア:

JAKARTA – Aplikasi perpesan kian semarak. Google tak mau ketinggalan dengan membuat Google Messages yang bisa kadi pengganti layanan short messages service (SMS), bahkan sekarang bisa dengan dual SIM. Apa saja keunggulan dan kelemahan menggunakan layanan ini. Simak ulasannya aberikut ini.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Google Messages hanya bisa digunakan untuk satu nomor atau satu kartu SIM. Padahal, tak sedikit pengguna smartphone yang memakai dual SIM dan membutuhkan dukungan RCS di kedua nomornya.

Selama ini Google tidak pernah menjelaskan mengapa mereka tidak kunjung menambahkan dukungan dual SIM, tetapi mereka menuliskan di dalam Pusat Bantuan Google bahwa dukungan untuk dual atau multi SIM mungkin tersedia di kemudian hari.

Tampaknya, Google sudah mulai memikirkan pentingnya dukungan dual atau multi SIM. Baru-baru ini, 9to5google menemukan bahwa Google sedang menyiapkan dukungan tersebut. Pembaruan ini terlihat dari program eksperimental beta dalam versi 20240102_00_RC01.

Di dalam versi tersebut, terlihat beberapa log untuk mengaktifkan kemampuan kirim dan terima pesan RCS di SIM baru, menonaktifkan obrolan RCS untuk semua SIM, mengaktifkan obrolan RCS untuk semua SIM, dan masih banyak lagi.

Dukungan RCS untuk lebih dari satu nomor akan terlihat secara otomatis di smartphone yang memiliki dual SIM. Nantinya, pengguna RCS hanya perlu membukan Pengaturan, lalu membuka Obrolan RCS untuk mengaktifkan nomor lainnya.

Untuk saat ini, Google belum mengaktifkan elemen sisi server untuk dukungan dual atau multi SIM. Google masih mengembangkan kemampuan tersebut dan belum bisa diprediksi kapan kemampuan ini akan ditambahkan ke Google Messages.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)