シェア:

JAKARTA - Lverpool langsung melesat ke peringkat empat Liga Champions setelah mengalahkan Bologna 2-0 dalam pertandingan di Stadion Anfield, Kamis, 3 Oktober 2024 dini hari WIB.

Liverpool menunjukkan tren positif dan grafik yang terus menanjak. Setelah merebut posisi puncak klasemen dengan mengalahkan Wolverhampton Wanderers 2-1 di kompetisi Premier League Inggris, Liverpool sukses menaklukkan Bologna di laga kedua Liga Champions.

Sebelumnya, di laga pertama, Liverpool mengalahkan tim Serie A Italia lainnya, Milan. Saat meyambangi markas Milan, tim asuhan Arne Slot meraih kemenangan 3-1.

Liverpool tampaknya tak kesulitan menghadapi wakil dari Liga Italia. Saat menjamu Bologna yang baru pertama kali berlaga di kompetisi kasta tertinggi Eropa ini, Liverpool pun mencetak kemenangan kedua.

Hasil itu menjadikan Liverpool naik ke peringkat empat setelah mengantungi enam poin. Perolehan poin Liverpool sama dengan enam tim lain yang memetik kemenangan pada dua laga pertama. Hanya Borussia Dortmund memiliki selisih gol terbaik sehingga masih bertengger di puncak klasemen.

Sementara, Bologna belum meraih kemenangan di kompetisi Eropa. Pada laga pertama, tim asuhan Vincenzo Italiano ini bermain imbang 0-0 melawan Shakhtar Donetsk. Dengan memiliki satu poin, Bologna menduduki peringkat 26.

Dengan format baru Liga Champions, 36 tim yang berlaga tidak lagi menggunakan pembagian grup di babak penyisihan. Semua tim menjadi satu dalam klasemen. Namun hanya delapan tim teratas yang lolos ke babak berikutnya.

Dalam pertandingan itu, Liverpool menunjukkan dominasi atas Bologna. Virgil van Dijk dkk yang bermain di kandang sendiri pun lebih banyak menekan pertahanan lawan.

Hanya Bologna tetap berusaha memberi perlawanan. Meski kalah dalam ball possession, namun klub Serie A Italia ini sempat mengancam gawang Liverpool. Paling tidak sepakan dari Riccardo Orsolini memang mengarah ke gawang pada menit-menit awal. Namun upaya dari Orsolini tak membahayakan kiper Alisson Becker.

Sebaliknya Liverpool tak perlu menunggu waktu lama untuk membobol gawang Bologna. Di menit 11, gelandang Alexis Mac Allister sukses mencetak gol yang membawa Liverpool unggul 1-0. Dirinya menyelesaikan assist dari Mohamed Salah.

Gol itu memacu adrenalin pemain The Reds untuk memperbesar keunggulan. Hanya saja, Rossoblu tetap sempat mencuri peluang utuk menyamakan skor. Bahkan striker Dan Ndoye nyaris membobol gawang Liverpool di menit 32. Sayangnya, sepakan dia masih membentur tiang gawang.

Tidak ada tambahan gol hingga babak pertama usai. Liverpool pun mempertahankan keunggulan 1-0 itu.

Memasuki babak kedua, Liverpool tak menurunkan tempo permainan. Namun Bologna juga bermain terbuka. Ini menjadikan kedua tim tak saling memdominasi. Sebaliknya, mereka secara bergantian memberikan tekanan terhadap pertahanan lawan.

Namun Bologna mengalami kesulitan menembus pertahanan Liverpool yang memang solid. Apalagi di kompetisi Premier League, Liverpool membuktikan sebagai tim yang paling sedikit kebobolan. Gawang The Pool yang memimpin klasemen Liga Inggris baru kebobolan dua kali.

Tak hanya itu, Liverpool juga menunjukkan konsistensi dalam memberikan tekanan terhadap pertahanan Bologna. Hasilnya, Salah sukses memperbesar keunggulan Liverpool di menit 75. Dirinya menyambut assist dari

Dominik Szoboszlai yang mengubah skor menjadi 2-0.

Setelah gol itu, tekanan dari Liverpool sedikit menurun. Mereka pun gagal menambah gol. Sementara, Bologna tetap sulit memperkecil ketinggalannya. Sampai akhir laga, Liverpool tetap unggul 2-0.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)