シェア:

JAKARTA - Portugal tertinggal lebih dulu sebelum menang 2-1 atas Skotlandia di pertandingan League A Grup 1 UEFA Nations League di Stadion da Luz, Senin, 9 September 2024 dini hari WIB. Sang bintang Cristiano Ronaldo menyelamatkan Portugal yang sempat kecolongan lewat gol Scott McTominay.

McTominay seperti berjuang sendirian di timnas Skotlandia. Dirinya selalu bermain habis-habisan dan rutin mencetak gol. Meski menempati posisi pemain tengah, namun McTominay kerap memberi harapan bagi Skotlandia untuk memenangkan pertandingan.

Hanya, asa eks gelandang Manchester United ini juga sering menemui kegagalan. Pada laga melawan Portugal, McTominay yang kini bermain di Napoli menunjukkan performa mengesankan. Dirinya sukses membawa The Tartan Army unggul saat laga baru berjalan tujuh menit.

Namun Skotlandia tak mampu menjaga performa. Mantan koleganya di MU, Bruno Fernandes dan Ronaldo yang kemudian membobol gawang timnya. Skotlandia pun harus menelan kekalahan kedua di Nations League.

Pada laga sebelumnya menghadapi Polandia , McTominay sempat memberi harapan setelah mencetak gol yang menyamakan skor 2-2. Namun, Skotlandia juga gagal menjaga performa dan bahkan kebobolan di injury time menjelang laga berakhir.

Skotlandia kalah 3-2 dan belum meraih poin di penyisihan grup. Buntutnya, tim yang juga tampil di Euro 2024 ini menempat posisi paling bawah.

Sebaliknya, Portugal kembali mencetak kemenangan. Ronaldo yang diturunkan di babak kedua menunjukkan performa apik dan turut menyumbang gol yang menentukan kemenangan Selecao das Quinas.

Ini merupakan gol ke-901 sepanjang karier yang panjang dari legenda Portugal yang pernah bermain di Real Madrid dan Juventus ini. Kemenangan tersebut juga mengukuhkan posisi Portugal di puncak klasemen dengan poin enam. Disusul Kroasia yang menang tipis 1-0 atas Polandia.

Dalam duel itu, Portugal sempat dikejutkan dengan permainan ofensif Skotlandia. Meski bermain di kandang lawan, Skotlandia justru lebih cepat panas dan unggul lebih dulu saat sundulan McTominay menaklukkan kiper Diogo Costa. Dirinya menyelesaikan upan silang ciamik dari Kenny McLean.

Tertinggal 1-0, Portugal langsung bangkit dan menekan pertahanan lawan. Hanya kiper Angus Gunn bermain cemerlang dan membuat pemain Portugal frustrasi. Portugal melakukan 15 tendangan ke gawang tetapi semua sia-sia belaka.

Pasalnya Gunn melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. Termasuk tendangan dari Rafael Leao yang seharusnya sudah menjadi gol.

Alhasil, Portugal tak mampu mencetak gol di sepanjang babak pertama. Keunggulan satu gol Skotlandia bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Portugal bermain lebih intensif menyerang pertahanan Skotlandia. Usaha Gunn mempertahankan gawangnya agar clean sheet akhirnya gagal juga. Di menit 54, Fernandes berhasil memecah kebuntuan setelah menuntaskan assist dari Leao.

Skor berubah menjadi 1-1 yang membuat Portugal kian agresif menekan pertahanan Skotlandia. Tercatat Joao Felix mendapat dua peluang yang seharusnya membuahkan gol.

Ronaldo yang masuk menggantikan Pedro Neto pun nyaris membobol gawang lawan. Hanya saja sundulan eks bintang MU ini masih membentur tiang gawang.

Upaya Ronaldo akhirnya tak sia-sia. Bintang Al Nassr ini sukses membobol gawang Gunn setelah menyambut assist dari Nuno Mendes di menit 88. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Portugal dan bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)