Pekan Terakhir Liga 1 2023/2024: Empat Tim Pastikan Championship Series, Tiga Klub Degradasi
Arema aman dari zona degradasi Liga 1 2023/2024 (Instagram/@aremafcofficial).

シェア:

JAKARTA - Pekan terakhir Liga 1 2023/2024 atau pekan ke-34 tuntas digelar pada Selasa, 30 April 2024. Empat tim memastikan tiket ke Championship Series dan tiga tim harus terlempar ke Liga 2 musim depan.

Tujuh laga digelar dengan waktu berbarengan. Enam partai di antaranya sangat krusial untuk menentukan tiket ke Championship Series dan berjuang keluar dari ancaman relegasi.

Empat tim yang berlaga punya misi menjauh dari ancaman degradasi, yaitu Persita Tangerang, Arema FC, RANS Nusantara, dan PSS Sleman.

PSS aman dari zona merah karena menang 1-0 kontra Persib Bandung. Mereka bertngger di peringkat ke-13 dengan 39 poin.

Arema setali tiga uang. Mereka bermain seri kontra Madura United 0-0. Meski berada di ujung tanduk, Singo Edan kembali tampil di Liga 1 musim depan setelah mengakhiri musim ini di peringkat ke-15 dengan 38 poin.

Persita pun menjauh dari zona merah. Mereka meraup tiga poin usai menang 4-2 melawan Bali United. Pendekar Cisadane tepat satu tempat di atas Arema, peringkat ke-14, dengan 39 poin.

Hasil tiga tim itu ternyata tak menguntungkan buat RANS. Mereka gagal keluar dari zona relegasi dengan menempati peringkat ke-16.

Terlebih, RANS kalah dari PSM Makassar 2-3 pada pekan terakhir Liga 1 2023/2024 dan membuat koleksi poin mereka tak beranjak dari 35 angka.

Sementara itu, jalur Championship Series terakhir pun sudah dipastikan milik Madura United. Laskar Sape Kerap menambah koleksi satu poin untuk mengamankan peringkat keempat dengan 55 poin.

Dewa United dan PSIS Semarang yang berpeluang ke empat besar gagal menyalip.

Anak Dewa hanya mengakhiri Regular Series Liga 1 2023/2024 di peringkat kelima dengan 54 poin. Padahal, mereka berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Borneo FC.

Lalu, PSIS tak bisa mengudeta Madura United lantaran mereka malah menelan kekalahan kontra Persija 1-2. Padahal, Laskar Mahesa Jenar punya peluang besar menyalip Laskar Sape Kerap kalau berhasil menang.

Empat tim memastikan tampil di Championship Series Liga 1 2023/2024, yaitu Borneo FC, Persib, Bali United, dan Madura United.

Sementara tiga tim harus terlempar ke Liga 2 musim depan, yaitu RANS Nusantara, Bhayangkara FC, dan Persikabo 1973.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)