Undian UEFA Nations League: Italia Lawan Prancis, Spanyol di Grup Tak Ringan
Juara bertahan Nations League Spanyol brada di grup tak ringan di edisi 2024-2025. (X/@EURO2024)

シェア:

Undian UEFA Nations League, Italia Lawan Prancis

JAKARTA - Tim elite Eropa, Italia dan Prancis, langsung bertemu di penyisihan grup UEFA Nations League. Dari hasil undian yang digelar di Paris, Jumat, 9 Februari 2024 dini hari WIB, kedua tim berada di Grup 2 Liga A.

Grup 2 Liga A termasuk cukup berat karena bercokol Italia yang berstatus juaa Euro 2020 dan Prancis, finalis Piala Dunia 2022. Mereka juga peraih gelar juara di Piala Dunia 2018.

Selain itu ada Israel dan Belgia yang dihuni deretan pemain bertalenta yang bermain di klub-klub besar Eropa. Namun Romelu Lukaku dkk selalu tak beruntung di turnamen besar sepak bola.

Pelatih Italia Luciano Spalletti menyambut gembira berada satu grup dengan Prancis. Menurut dia tim sangat termotivasi menghadapi Les Bleus.

"Turnamen ini memang diciptakan untuk menaikkan level tim yang berpartisipasi. Ada pertandingan-pertandingan yang memberi kesempatan tim Anda untuk makin berkembang," ucap Spalletti.

"Laga melawan Prancis bakal ketat. Kami termotivasi agar benar-benar siap menghadapi mereka. Prancis adalah timnas yang memiliki sejarah besar," katanya.

Sementara, juara bertahan Spanyol yang berada di Grup 4 bersaing dengan Denmark, Swiss dan Serbia. Meski terhindari pertemuan awal dengan Prancis, Jerman dan Belgia, namun La Roja tetap berada di grup yang tak ringan. Pelatih Spanyol Luis de la Fuente menilai semua lawan di grup tersebut tidak mudah untuk dikalahkan.

Jerman dan Hungaria kembali bertemu di penyisihan Grup 3. Dalam undian di Euro 2024, kedua tim juga berada di grup sama. Mereka bersaing denga tim kuat Belanda dan Bosnia.

Inggris yang terdegradasi dan harus berkompetisi di Liga B bertemu tim tetangga, Irlandia. Mereka bersaing dengan Yunani dan Finandia.

Turnamen Nations League untuk kali pertama meemakai babak perempat final. Dengan adanya babak tersebut, maka dua tim teratas dari masing-masing grup di Liga A akan lolos ke perempat final.

Nations League juga menjadi bagian dari kualifikasi Eropa menuju Piala Dunia 2026. Pasalnya tim tim terbaik dari juara grup tetapi gagal menduduki peringkat pertama dan kedua grup kualifikasi, maka mereka mendapat tiket playoff.

Misalnya saja Belanda termasuk empat terbaik di Nations League. Namun di penyisihan grup Piala Dunia, Belanda hanya mampu menduduki peringkat tiga. Dengan demikian tim Oranje bakal melalui babak playoff untuk bertarung mendapatkan tiket ke Piala Dunia.

Hasi undian pembagian grup Nations League

Liga A

Grup A1: Kroasia, Portugal, Polandia, Skotlandia

Grup A2: Italia, Belgia, Prancis, Israel

Grup A3: Belanda, Hungaria, Jerman, Bosnia

Grup A4: Spanyol, Denmark, Swiss, Serbia

Liga B

Grup B1: Rep. Ceko, Ukraina, Albania, Georgia

Grup B2: Inggris, Finlandia, Irlandia, Yunani

Grup B3: Austria, Norwegia Slovenia, Kazakhstan

Grup B4: Wales, Islandia, Montenegro, Turki

Liga C

Grup C1: Swedia, Azerbaijan, Slovakia, Estonia

Grup C2: Rumania, Kosovo, Siprus, Lithuania/Gibraltar*

Grup C3: Luksemburg, Bulgaria, Irlandia Utara, Belarus

Grup C4: Armenia, Kep. Faroe, Makedonia Utara, Latvia

Liga D

Grup D1: Lithuania/Gibraltar*, San Marino, Liechtenstein

Grup D2: Moldova, Malta, Andorra

(*Lithuania and Gibraltar akan memainkan playoff pada Maret untuk menentukan tim yang turun ke Liga D)

Pertandingan 1-2: 5-10 September 2024

Pertandingan 3-4: 10-15 Oktober 2024

Pertandingan 5-6: 14-19 November 2024

Perempat Final: 20-23 Maret 2025

Semifinal: 4-5 Juni 2025

Final dan perebutan tempat ketiga: 8 Juni 2025


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)