Tegas! Kremlin Peringatkan AS, Setiap Pembahasan tentang Pertukaran Pebasket WNBA Brittney Griner Harus Dirahasiakan
Brittney Griner (Instagram @brittneyyevettegriner)

シェア:

JAKARTA - Kremlin pada hari Rabu membuka pintu untuk pembicaraan tentang kemungkinan pertukaran yang melibatkan bintang bola basket AS yang dipenjara Brittney Griner.

Namun, mereka kembali menegaskan bahwa setiap diskusi semacam itu harus dirahasiakan.

Pengadilan Rusia pada Selasa menolak banding Griner terhadap hukuman penjara sembilan tahun atas kepemilikan narkoba.

Peraih medali emas Olimpiade dua kali itu dihukum pada 4 Agustus setelah polisi menemukan tabung vape berisi minyak ganja di bagasinya di Bandara Sheremetyevo Moskow.

Ditanya apakah Griner dapat dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan Washington, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dalam panggilan konferensi dengan wartawan.

"Kami selalu mengatakan bahwa setiap kontak tentang kemungkinan pertukaran hanya dapat dilakukan secara diam-diam di bawah tutup ketat pada informasi apa pun," Peskov menegaskan dikutip dari Marca, Kamis.

Penangkapan Griner pada Februari terjadi pada saat ketegangan meningkat antara Moskow dan Washington, hanya beberapa hari sebelum Rusia mengirim pasukan ke Ukraina. Pada saat itu, Griner kembali bermain untuk tim Rusia selama offseason WNBA.

Presiden Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahannya dalam "kontak konstan" dengan otoritas Rusia terhadap kasus Griner dan orang Amerika lainnya yang ditahan di sana.

Meskipun belum ada kemajuan dalam membawanya kembali ke AS, Biden mengatakan, "Kami tidak akan berhenti."

Di persidangannya, Griner mengaku memiliki tabung vape di bagasinya tetapi bersaksi bahwa dia mengemasnya secara tidak sengaja karena tergesa-gesa dan tidak memiliki niat kriminal.

Tim pembelanya mempresentasikan pernyataan tertulis yang mengatakan bahwa dia telah diberi resep ganja untuk mengobati rasa sakit kronis.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)