シェア:

NUSANTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya, baik menteri dan kepala lembaga untuk segera menuntaskan program-program kerja utama menjelang berakhirnya masa pemerintahan pada 20 Oktober 2024.

"Segera tuntaskan pada bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan serapan, yang berkaitan dengan administrasi pertanggungjawaban serta kendala-kendala yang belum terselesaikan," katanya saat menyampaikan arahan pada sidang kabinet paripurna di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat 13 September.

Jokowi juga meminta agar menjaga stabilitas sehingga keberlanjutan pembangunan tetap berjalan.

"Menjaga situasi yang kondusif, kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh. Kita butuh stabilitas untuk melakukan pembangunan sehingga pastikan jangan sampai ada riak-riak gejolak sampai pemerintahan berikutnya terbentuk," tegasnya.

Selain itu, Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga agar tetap menjaga daya beli masyarakat, pertumbuhan, serta menjaga keamanan dan ketertiban.

Selain itu, ia juga menegaskan kepada segenap jajarannya agar tidak membuat kebijakan-kebijakan yang ekstrem, terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

"Artinya, kita harus bisa menjaga daya beli masyarakat, inflasi, pertumbuhan, keamanan, ketertiban, dan jangan membuat kebijakan-kebijakan yang ekstrem, terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, yang berpotensi merugikan masyarakat luas, yang berpotensi menimbulkan gejolak," paparnya.

Untuk diketahui, Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna untuk kali kedua di Istana Garuda IKN, Jumat.

"Sidang kabinet paripurna akan dihadiri wakil presiden dan seluruh menteri kabinet," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Pada hari kedua di IKN, kata dia, Jokowi akan memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Garuda IKN pada Jumat pukul 09.00 Wita.

Yusuf mengatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga menteri mulai tiba pada Kamis (12/9/2024) malam di Kaltim guna menghadiri sidang kabinet paripurna, Jumat (13/9/2024).

Setelah sidang kabinet paripurna, Jokowi dijadwalkan meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan peletakan batu pertama Mall Duty Free Nusantara di IKN.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)