シェア:

JAKARTA – Tim redaksi VOI baru saja melakukan uji berkendara terhadap Omoda E5 Pure, mobil listrik terbaru dari Chery yang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. 

Omoda E5 Pure sendiri baru diluncurkan PT Chery Sales Indonesia (CSI) pada ajang GIIAS 2024 Juli lalu sebagai pilihan lebih terjangkau bagi konsumen.

Menariknya, Chery juga tidak menghilangkan atau mengubah aspek inti dari Omoda E5 (varian tertinggi) pada varian Pure ini, jadi performa mesin masih sama, jarak tempuh juga sama hingga 430 kilometer (WLTP) atau 505 km (NEDC), tetap mengakomodasi ventilated seat, dan fungsi ADAS komplit sebanyak 17 fitur.

6

Bedanya adalah pada varian Pure ini tidak ada electric sunroof, provacy glass, roof rail, electric tailgate (pintu bagasi elektrik), lampu sambut welcome fashion light, dan kamera HD 540 derajat.

Omoda E5 Pure yang diuji coba ini diambil langsung di Kantor Pusat Chery yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nah, bagaimana hasil uji cobanya?

6

Dari segi tampilan, selain perbedaan yang disebutkan di atas Omoda E5 Pure tidak memiliki banyak perbedaan dari luar maupun dalam dibanding varian Omoda E5. 

Bagi yang pertama mengendarainya hanya perlu beradaptasi dengan tuas transmisi dengan stik yang ditempatkan di sebelah kanan roda kemudi. Untuk pengoperasian tuas transmisi jelas butuh waktu bagi yang belum terbiasa dengan menekan stik untuk memindahkan transmisi yang terdiri dari mode R, N, D, dan juga P yang ada di ujung stik. Lalu juga tersedia tiga mode berkendara - Eco, Sport, dan Normal - masing-masing menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda.

Rasa Berkendara

5

Ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 201 dk dan torsi 340 Nm, Omoda E5 Pure menghadirkan tenaga yang cukup besar dengan hentakan awal yang cukup terasa ketika tuas pedal gas diinjak terutama ketika memakai mode Sport.

Sementara, akselerasi juga amat responsif ketika mobil ini diuji coba di jalan tol dengan track lurus dan kondisi tol ketika dini hari yang cukup sepi. 

Tim VOI menguji coba Omoda E5 Pure ini selama empat hari dan pengujian tak hanya dilakukan di jalan tol tapi juga di jalan dalam Kota Jakarta yang padat dan macet. Kontur jalan yang dilalui cukup beragam, mulai dari permukaan aspal yang tak rata, jalan rusak, tanjakan, dan turunan.

Nah, setelah diuji coba mungkin sistem suspensi yang dihadirkan memang agak keras saat dibawa di jalan berlubang atau melewati marka kejut, tapi saat dibawa di jalanan yang rata suspensinya amat nyaman.

Secara keseluruhan, Omoda E5 Pure memberikan pengalaman berkendara yang sangat memuaskan. Tenaga instan yang dihasilkan motor listriknya membuat mobil ini sangat responsif saat diajak akselerasi. 

Handling mobil juga terasa mantap, memungkinkan pengendara untuk bermanuver dengan lincah di antara kepadatan lalu lintas. Fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari sistem infotainment yang responsif hingga berbagai fitur keselamatan yang menunjang kenyamanan berkendara.

Daya Tahan Baterai

Jarak tempuh menjadi salah satu faktor terpenting dari mobil listrik mengingat infrastruktur di Indonesia belum cukup memadai, seperti stasiun pengisian daya baterai yang jumlahnya masih sangat terbatas.

Nah, salah satu keunggulan utama Omoda E5 Pure ketika diuji coba adalah daya tahan baterainya. Dengan dilengkapi baterai berkapasitas 61,06 kWh dan jarak tempuh hingga 430 km, baterainya tergolong awet selama pemakaian.

Dalam pengujian selama 4 hari, dan dalam kondisi baterai terisi penuh mobil listrik ini mampu menempuh jarak yang cukup jauh 247 km dan baterai yang tersisa masih 41 persen. Namun demikian, tentu hasil tersebut tak bisa dijadikan patokan, beda pengujian, kondisi jalan, serta ragam faktor lain juga ikut mempengaruhi hasil akhir dari daya yang digunakan selama perjalanan.

Sementara, fitur ultra fast charging yang ada pada mobilnya juga sangat membantu dalam meminimalisir waktu tunggu saat mengisi daya baterai di mana pengisian dari 30 persen - 80 persen hanya butuh waktu 28 menit.

7

Kesimpulan

8

Omoda E5 Pure adalah pilihan menarik bagi mereka yang ingin beralih ke mobil listrik tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dengan harga Rp419,8 juta—lebih murah Rp79 juta dari varian tertinggi—Omoda E5 Pure menawarkan performa dan fitur yang tak kalah kompetitif. Tenaga besar, efisiensi baterai yang baik, serta kelengkapan fitur keselamatan dan kenyamanan menjadikannya salah satu pilihan terbaik di segmen mobil listrik terjangkau.

Secara keseluruhan, Omoda E5 Pure memberikan kombinasi yang pas antara performa, efisiensi, dan harga. Meskipun ada beberapa fitur yang dihilangkan, namun varian ini tetap memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan, baik untuk penggunaan harian maupun perjalanan jarak jauh. Dengan desain modern dan responsivitas yang mantap, Omoda E5 Pure siap menjadi pilihan utama bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan listrik.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)