Laris Manis, Kereta Luxury Angkut 12.941 Penumpang saat Angkutan Lebaran 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. ANTARA)

シェア:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tiket kereta Luxury laris dibeli masyarakat pada angkutan Lebaran 2024. Tercatat sebanyak 12.941 tiket telah terjual pada periode tersebut.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan selain kereta Luxury, kelas Suite Class Compartment juga mampu menarik minat masyarakat untuk arus mudik ataupun balik Lebaran 2024.

“Pada periode 31 Maret sampai 21 April 2024, KAI menjual 1.573 tiket kelas Suite Class Compartment atau 112 persen dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 1.408 tiket. Adapun tiket kelas Luxury terjual 12.941 tiket,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 24 April.

Raden mengatakan puncak volume penumpang kelas Suite Class Compartment untuk arus mudik terjadi pada H-3 atau 7 April 2024 dengan 76 penumpang, dan puncak arus balik pada H+2 atau 13 April 2024 sebanyak 104 penumpang.

Adapun puncak volume penumpang kelas Luxury untuk arus mudik terjadi pada H-4 atau 6 April 2024 dengan 683 penumpang, dan puncak arus balik pada H+4 atau 15 April 2024 sebanyak 774 penumpang.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah memilih layanan Kereta Suite Class Compartment dan Luxury pada momen Lebaran 2024. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi para pelanggan,” tuturnya.

Selama angkutan Lebaran tersebut, sambung Agus, kereta kelas Luxury terpasang dengan KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), dan Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp).

Lalu, Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Gajayana (Gambir-Malang pp), Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir-Solo Balapan pp).

“Sementara kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir-Surabaya Gubeng pp),” jelasnya.

Agus bilang sebagian sarana kereta Luxury yang KAI operasikan pada angkutan Lebaran 2024 telah menggunakan armada Kereta Luxury New Generation dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis,” katanya.

Sekadar informasi, keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation lainnya adalah Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Kemudian, jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Selain itu, keunggulan lain pada Kereta Luxury New Generation ada penambahan toilet dari Kereta Luxury sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet dan dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)