Progres Rumah Menteri di IKN Capai 80 Persen, Ditargetkan Rampung Juli 2024
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

シェア:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai 80 persen hingga saat ini.

"Progres rumah menteri sekitar 80 persen," ujar Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 16 April.

Adapun dari total 36 unit RTJM tersebut sudah terdapat empat (4) unit yang selesai dan sisanya tinggal pengerjaan finishing.

"Pembangunan seluruh unit rumah tapak jabatan menteri di IKN ditargetkan selesai pada Juli tahun ini," katanya.

Dia menambahkan, dari total 12 tower hunian ASN, sebanyak 9 tower di antaranya sudah dilakukan topping-off sebelum libur Lebaran 2024 kemarin.

"Dari 47 tower hunian ASN tersebut, pada Juli Insyaallah sebanyak 12 tower hunian sudah selesai," tambahnya.

Dikatakan Basuki, terkait furnitur untuk hunian ASN di IKN, pihaknya akan menahannya terlebih dulu karena hunian-hunian ASN tersebut rencananya digunakan terlebih dahulu sebagai akomodasi bagi petugas upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kalau furniture saya tahan dulu karena kalau untuk petugas-petugas dulu, paling tempat tidur dan meja makan. Mungkin yang lainnya saya tahan dulu, nanti kalau sudah selesai 17 Agustus-an baru masuk, tapi semua sudah dibelanjakan," imbuhnya.

Adapun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,24 triliun pada tahun ini.

Rencananya, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan hunian pekerja konstruksi, rumah tapak jabatan menteri serta hunian ASN, TNI dan Polri.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)