Kim Jong Un Keciduk Lagi Pakai Mercy Mewah, Kali Ini Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC Terbaru

JAKARTA - Foto Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un yang dimuat oleh Kantor Berita Resmi Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu, 10 Agustus, menuai kontroversi di Korea Selatan.

Foto itu tatkala Kim Jong-un berada di atas kereta api khusus dan melambaikan tangannya saat mengunjungi lokasi banjir yang menyerang wilayah Kabupaten Uiju di barat laut Phyongan Utara. Nah, yang jadi kontroversi adalah mobil Mercedes-Maybach di sebelah kiri Kim yang tampak bagian depannya.

Dilaporkan Yonhap News Agency, 13 Agustus, agensi berita terbesar di Korea Selatan menyebut jika Kim Jong-un, tampaknya menggunakan model terbaru SUV Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC terbaru.

Tindakan ini disebut melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB (UNSC) yang melarang pasokan, penjualan, dan transfer barang-barang mewah, termasuk mobil, ke Korea Utara.

Menariknya, SUV yang tampak tersebut ternyata juga baru diluncurkan pada April lalu di Korea Selatan dengan harga mulai dari 279 juta won (sekitar Rp3,2 miliar). 

Kim Jong-un sendiri bukan kali ini saja tampil dengan model Mercedes-Benz kelas atas lainnya, karena ia sebelumnya terlihat menggunakan Mercedes-Maybach GLS 600 edisi lama pada bulan Januari dalam rekaman yang ditayangkan oleh TV nasional Korea Utara.

Sebelumnya Kim juga pernah terlihat menumpangi limusin lapis baja Mercedes-Maybach Pullman Guard yang nilainya ditaksir nilai lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp15 miliar), mobil ini pernah digunakan Kim saat bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 2018.

Sementara soal spesifikasi GLS 600 4Matic terbaru ini hadir dengan beberapa penyegaran bersama model GLS lainnyudengan memiliki grill bawah baru dengan lapisan krom, serta grill depan sedikit tinggi dari model sebelumnya. Maybach juga menyematkan satu set pelek besar berukuran 23 inci. Sistem pencahayaan baru juga dipasang memproyeksikan pola Maybach ke jalan saat pintu dibuka.

Pembaruan juga terdapat pada bagian interior, yaitu penyegaran pada sarung jok baru yang dilengkapi dengan pola berlian baru pada jok mewah tersebut. Pelanggan dapat dimanjakan dengan interior dilapisi warna Crystal White/Silver Grey atau Mahogany Brown/Macchiato Beige.

SUV mewah ini dilengkapi beberapa fitur seperti setir kemudi dengan kontrol sentuh yang membantu pengemudi, sistem MBUX Multi-Seat Entertainment yang tersedia dengan tiga layar sentuh, serta dilengkapi dengan dua port USB pada konsol tengah.

Selain menawarkan tampilan dan kabin yang mewah, GLS 600 juga menawarkan performa yang impresif. Dengan dibekali mesin V8 4,0 liter twin-turbocharged, SUV ini dapat menghasilkan 557 dk dan torsi 730 Nm.

Sementara, soal harga jika dilihat dari laman Mercedes Benz Indonesia, untuk versi Maybach GLS harganya mulai Rp7,3 miliar di Indonesia.

.