Hajar Chelsea 5-0 di London Derby, Arsenal Tinggalkan Liverpool dan Man City

JAKARTA - Arsenal kian jauh meninggalkan Liverpool dan Manchester City setelah menghajar Chelsea 5-0 dalam London Derby di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Emirates, Rabu, 24 April 2024 dini hari WIB.

Arsenal meraih kemenangan penting. Konsistensi dan tekanan saat memasuki pekan krusial mulai dilalui Arsenal dengan hasil memuaskan.

Setelah menang 2-0 atas Wolverhampton Wanderers di pertandingan tandang, Arsenal menunjukkan konsistensi dengan menghajar Chelsea dalam duel sesama tim Kota London. Ini untuk keenam kalinya Arsenal mencetak lima gol atau lebih dalam satu pertandingan di musim ini

Kemenangan ini sangat berarti di tengah persaingan memperebutkan titel Premier League dengan Liverpool dan Man City.

Arsenal memang mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan poin 77. Unggul tiga poin dari Liverpool yang menduduki peringkat dua.

Namun Liverpool masih menyimpan satu pertandingan melawan Everton dalam Merseyside Derby yang digelar pada, Kamis, 25 April 2024 dini hari WIB. Derby yang tidak kalah bergengsi itu digelar di kandang Everton di Stadion Goodison Park.

Sementara, juara bertahan Man City yang menduduki peringkat tiga mengantungi poin 73. Mereka tertinggal empat poin dengan Arsenal. Hanya, tim asuhan Pep Guardiola masih memiliki dua pertandingan sisa.

Man City baru akan melakoni laga tandang melawan Brighton and Hove Albion, Jumat, 26 April 2024 dini hari WIB.

Hanya berselang tiga hari (waktu setempat) atau Minggu, 28 April malam WIB, The Cityzens kembali bermain away dengan menghadapi Nottingham Forest.

Bila Arsenal kian kukuh di puncak klasemen, sebaliknya Chelsea tetap tertahan di papan tengah. Chelsea yang di laga sebelumya kalah 1-0 lawan Man City masih menduduki peringkat sembilan dengan poin 47.

Di laga itu, Arsenal sepenuhnya mendominasi atas pasukan Mauricio Pochettino. Bahkan pemain belakang seperti Ben White sampai bisa mencetak brace. Dirinya dan Kai Havertz memborong dua gol di laga itu.

Arsenal memang langsung menggebrak. Pertandingan baru berjalan empat menit, pemain depan Leandro Trossard sudah membobol gawang Chelsea. Dirinya menyelesaikan assist dari Declan Rice.

Hanya setelah gol cepat itu, Chelsea mampu memperbaiki sektor pertahanan agar kembali solid. Mereka pun bisa membendung serangan bergelombang The Gunners.

Meski keunggulan penguasaan bola Arsenal hanya 55%, namun tim asuhan Mikel Arteta mampu mendominasi permainan. Namun serangan mereka masih bisa dimentahkan barisan belakang The Blues. Skor 1-0 untuk Arsenal bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Arsenal sama sekali tak terbendung. Bek Ben White berhasil memperbesar keunggulan tuan rumah setelah memanfaatkan bola liar untuk membobol gawang lawan di menit 52.

Berawal dari sepakan Rice yang berhasil diblok Conor Gallagher. Namun bola justru bergerak liar dan berhasil dikuasai White yang kemudian melepaskan tendangan ke gawang.

Gol itu sepertinya menaikkan adrenalin pemain Arsenal. Hanya berselang lima menit, pemain depan Kai Havertz berhasil membobol gawang klub London Barat itu yang dikawal Djordje Petrovic. Gol itu tercipta lewat kerjasama apik Havertz dengan kapten Martin Odegaard.

Arsenal makin melaju kencang. Sebaliknya, gol Havertz sudah meruntuhkan mental pemain Chelsea.

Apalagi, Havertz mencetak gol kedua di laga itu pada menit 65. Dirinya menyelesaikan umpan matang dari Bukayo Saka yang mengubah skor menjadi 4-0.

Selanjutnya, White menutup pesta gol klub London Utara ini lewat tendangan voli yang indah di menit 70. Dia menuntaskan assist dari Odergaard. Skor menjadi 5-0 untuk Arsenal dan bertahan sampai akhir laga.