Partager:

JAKARTA - Belanda tak memberi ampun kepada Bosnia & Herzegovina dalam duel UEFA Nations League. Tampil di kandang sendiri di League A Grup 3 di Stadion Philips, Eindhoven, Minggu, 8 September 2024 dini hari WIB, Belanda yang dimotori bintang muda Joshua Zirkzee membantai Bosnia 5-2.

Belanda tampil maksimal di pertandingan Nations League. Setelah gagal di Euro 2024, Belanda menunjukkan kebangkitan saat melakoni laga pertama.

Tim asuhan Ronald Koeman memang sempat nervous saat mengawali pertandingan. Namun mereka mampu mengatasinya dan kemudian menguasai permainan. Terutama setelah Zirkzee membuka kemenangan tim Oranje di menit 13.

Bosnia memang sempat menyamakan skor, namun Belanda akhirnya tak terbendung. Mereka menghabisi Bosnia dengan skor cukup telak.

Kemenangan itu menjadikan Belanda meraup tiga poin pertama dan langsung menduduki peringkat dua klasemen sementara. Posisi teratas dikuasai Jerman yang juga mengantungi tiga poin setelah mengalahkan Hungaria. Hanya Jerman menang besar 5-0 sehingga unggul selisih gol dengan Belanda.

Dalam duel tersebut, Belanda mengalami ketegangan di menit-menit pertama. Namun mereka berhasil mengatasinya setelah Zirkzee membobol gawang lawan. Gol striker Manchester United ini menjadikan Belanda kian agresif menekan pertahanan Bosnia.

Hanya saja Belanda terlalu asyik menyerang sehingga mereka dikejutkan oleh serangan balik Bosnia yang berujung gol dari Ermedin Demirovic di menit 27. Skor berubah menjadi 1-1.

Beruntung, Belanda langsung kembali ke jalurnya. Dengan menguasai permainan, tuan rumah pun kembali unggul setelah gelandang berdarah Maluku, Indonesia, Tijjani Reijnders membobol gawang Bosnia di injury time babak pertama.

Zirkzee kembali berperan dalam proses gol itu dengan memberikan assist kepada Reijnders. Skor 2-1 untuk Belanda menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Virgl van Dijk dkk langsung menggebrak. Serangan bergelombang tuan rumah pun membuahkan hasil saat Cody Gakpo mencetak gol setelah menyelesaikan assist Reijnders di menit 56. Belanda pun mulai lebih tenang setelah unggul 3-1.

Namun Bosnia menolak menyerah. Serangan tim asuhan Sergej Barbarez kembali mengancam pertahanan Belanda. Hasilnya, striker veteran Edin Dzeko sukses menyambut umpan panjang Esmir Bajraktarevic untuk menaklukkan kiper Bart Verbruggen di menit 73.

Ini menjadi gol ke-66 dari penampilan ke-136 striker berusia 38 ini di timnas. Skor berubah menjadi 3-2 dan membuat Belanda harus lebih berhati-hati.

Meski demikian Belanda akhirnya sudah tak terbendung. Striker Wout Weghorst menjadikan Belanda unggul 4-2 di menit 88. Selanjutnya Xavi Simons memantapkan kemenangan Belanda di injury time. Skor 5-2 untuk juara Euro 1988 ini bertahan sampai laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)