Partager:

JAKARTA - Girona yang sudah ditinggalkan pemain sayap Savinho nyaris tumbang pada laga perdana La Liga Spanyol. Dalam duel di kandang Real Betis di Stadion Benito Villamarin, Jumat, 16 Agustus 2024 dini hari WIB, Girona bermain imbang 1-1.

Girona sudah berbeda dibandingkan musim lalu saat menembus peringkat tiga di La Liga. Bahkan saat itu Girona sempat memanaskan perebutan takhta klasemen meski akhirnya gagal bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona.

Kini, skuat Girona telah berubah karena tidak hanya ditinggala Savinho, tetapi juga striker Artem Dovbykn yang pindah ke AS Roma. Menariknya Dovbyk merupakan top skor La Liga musim lalu setelah mengemas 24 gol.

Langkah penyerang tim nasional Ukraina ini hengkang dari Girona juga diikuti gelandang Alex Garcia. Pemain tengah serbabisa ini bergabung dengan juara Bundesliga Jerman Bayer Leverkusen.

Selanjutnya, Girona memboyong gelandang Donny van de Beek dari Manchester United. Namun eks pemain Ajax Amsterdam ini tak dimainkan di laga perdana meski duduk di bench.

Pelatih Michel juga kehilangan tiga pilar Manu Vallejo, Valery Fernandez dan Viktor Tsygankov yang terserang virus. Ini yang menjadikan Michel tak bisa menurunkan skuat terbaik di laga melawan Betis.

Dalam pertandingan itu Betis yang bertindak sebagai tuan rumah langsung menekan pertahanan Girona. Serangan ofensif sejak menit pertama menjadikan Betis unggul cepat.

Pertandingan baru berjalan enam menit, tuan rumah berhasil unggul lewat sundulan Marc Bartra. Berawal dari sepak pojok Nabil Fekir yang megarah depan gawang Girona.

Selanjutnya Bartra melakukan duel udara dengan Abel Ruiz memperebutkan bola. Bartra berhasil unggul dalam duel itu dan sundulannya meluncur deras ke gawang Girona.

Tertinggal 1-0, Girona mencoba bangkit. Mereka mulai menunjukkan dominasi dan unggul dalam penguasaan bola. Hanya saja serangan tim tamu selalu gagal menembus pertahanan Betis. Keunggulan satu gol Betis pun bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Girona meningkatkan intensitas tekanan demi mengejar gol. Peluang bagus diperoleh Abel Ruiz saat menerima umpan dari Yangel Herrera di menit 61. Sayangnya sepakan dia masih membentur tiang gawang.

Kesabaran pemain Girona akhirnya membuahkan hasil. Pemain pengganti Gabriel Misehouy memecahkan kebuntuan setelah membobol gawang Betis di menit 72.

Keputusan Michel melakukan pergantian pemain tampaknya sangat tepat. Misehouy masuk menggantikan Herrera di menit 71. Dan hanya berselang satu menit, dia sukses menyelesaikan assist Iker Almena untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Namun, Girona gagal menambah gol. Skor imbang itu bertahan sampai akhir laga.

Di pertandingan sebelumnya, Athletic Bilbao yang bertindak sebagai tuan rumah juga nyaris kalah sebelum bermain imbang 1-1 melawan Getafe.

Di laga itu, pelatih Bilbao Ernesto Valverde tak menurunkan striker andalan Nico Williams sebagai starter. Pemain yang membawa Spanyol juara Euro 2024 ini baru turun di babak kedua.

Bilbao tertinggal lebih dulu saat Oihan Sancet mencetak gol bagi Getafe di menit 27. Tuan rumah baru bisa menyamakan skor di babak kedua. Gol Bilbao dihasilkan Chrisantus Uche di menit 64.

Sundulan Uche yang menyambut assist Luis Mila mengubah skor menjadi 1-1. Skor imbang itu bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)