Partager:

JAKARTA - Spanyol gagal mencetak gol saat mengalahkan Italia 1-0 di laga Grup B Euro 2024. Meski demikian pelatih Luis de la Fuente menyebut sebagai penampilan terbaik Spanyol yang membawa tim lolos ke fase gugur.

Spanyol tampil meyakinkan saat menghajar Kroasia 3-0 di laga pertama mereka. Namun dalam big match melawan Italia di di Stadion Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jumat, 21 Juni 2024 dini hari WIB, Spanyo harus bekerja keras untuk meraih tiga poin.

Bagaimana tidak, La Roja menghadapi lawan yang tak bisa dianggap enteng. Italia yang berstatus juara bertahan juga termasuk salah satu tim unggulan.

Namun Spanyol mampu melewati ujian terberat. Hanya, pasukan De la Fuente memang tak bisa membobol gawang Gianluigi Donnarumma. Satu-satunya gol Spanyol dihasilkan bek Italia Riccardo Calafiori. Dirinya membuat gol bunuh diri di menit 55.

Ini menjadi satu-satunya gol di pertandingan tersebut. Meski hanya menang tipis dan bekerja keras di pertandingan itu, De la Fuente menyebut timnya menunjukkan penampilan terbaik. Bahkan, menurut dia, ini merupakan penampilan terbaik Spanyol selama ditanganinya.

"Ini merupakan penampilan terbaik sejak saya menjadi pelatih. Kami bermain bagus saat menghadapi Italia di Nations League. Tetapi menurut saya penampilan kali ini yang terbaik. Kami menunjukkan sebagai tim kelas dunia dan bermain luar biasa," kata De la Fuente.

"Saya bangga dengan hasil dan bagaimana kami memenangkan pertandingan. Kami menunjukkan ambisi dan kerja keras tanpa akhir," ujarnya.

De la Fuente mengakui Italia merupakan lawan yang sulit. Ini yang menjadikan dirinya menaruh respek terhadap Gli Azzurri.

"Turnamen ini memang penuh tantangan. Saya juga menaruh respek kepada Italia. Mereka benar-benar menunjukkan sebagai lawan yang sulit. Hanya saja, kami memang bermain sangat bagus," ucap dia.

Sementara, pemain depan Nico Williams menuturkan tim mampu mendominasi meski menghadapi lawan yang bermain ekselen.

Williams yang terpilih sebagai Player of the Match mengungkapkan Spanyol pantas memenangkan pertandingan tersebut.

"Kami mendominasi sepanjang pertandingan. Italia memang tim yang ekselen, tetapi kami bermain bagus dan pantas menang. Saya juga berharap bisa membantu tim," kata Williams.

"Ini memang mimpi saya bermain di Piala Eropa. Bila akhirnya terpilih sebagai Player of the Match, tentu saya merasa senang," ujar pemain Athletic Bilbao.

"Pertandingan berjalan sangat baik bagi kami. Kami tahu ini bakal sulit karena Italia tim besar. Tetapi kami mampu memanfaatkan peluang dengan baik," ucapnya.

Kemenangan atas Italia mengukuhkan posisi Spanyol di puncak klasemen Grup B dengan poin enam. Spanyol akan melakoni laga terakhir melawan Albania di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, 25 Jui 2024 dini hari WIB.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)