Partager:

JAKARTA - Kiper Aaron Ramsdale meninggalkan Arsenal. Dirinya bakal bergabung dengan Newcastle United yang menyodorkan 15 juta poundsterling.

Arsenal untuk kali kedua harus melepas kiper terbaik. Sebelumnya, Arsenal memilih melego Emiliano Martinez ke Aston Villa demi memberi tempat kepada Ramsdale.

Ironisnya, Martinez justru bersinar meraih sukses di Villa. Dia juga menjadi pilar kekuatan Argentina saat memenangi Piala Dunia 2022.

Ramsdale yang menjadi kiper utama pada giirannya tersingkir. Setelah dua tahun menjadi pilihan pertama berdiri di bawah mistar, posisi dia kemudian direbut David Raya di musim 2023/2024.

Ironis juga karena Raya berstatus kiper pinjaman dari Brentford. Meski demikian, manajer Mikel Arteta lebih memilih Raya menjadi kiper pertama sejak September 2023 dan Ramsdale yang duduk di bench.

Musim ini, dirinya hanya 11 kali dimainkan Arteta. Bandingkan dengan dua musim sebelumnya, kiper kedua tim nasional Inggris ini bermain 78 kali.

Ramsdale sudah pasti bakal kembali di bangku cadangan di musim depan. Pasalnya Arteta menghendaki Raya dipermanenkan Arsenal.

Ini yang menjadi pertimbangan Ramsdale meninggalkan The Gunners. Meski mendapat tawaran perpanjangan kontrak, namun dia sudah menolaknya.

Apalagi, kiper berusia 26 ini sudah mendapat tawaran dari Newcastle. Bahkan Newcastle bakal memberikan kontrak selama lima tahun kepada Ramsdale.

Ramsdale akan menggantikan kiper utama Nick Pope yang sudah tidak bermain sejak Desember karena cedera bahu.

Saat Pope tidak bermain, posisinya digantikan Martin Dubravka. Hanya, usia Dubravka sudah 36

Jurnalis Sky Sports News James Green menuturkan bila transfer itu bakal terealisir. Bahkan Ramsdale akan menjadi rekrutan pertama The Magpies.

"Saya sudah mendapat informasi bila Aaron Ramsdale sudah sepakat dengan Newcastle," kata Green kepada The Highbury Squad.

"Sumber ini langsung dari seseorang yang dekat dengan agennya. Dia mengatakan sudah mencapai kesepakatan," ucapnya.

"Saya yakin kabar ini tak mengejutkan suporter Arsenal. Dia tidak bisa duduk saja menjadi kiper pelapis. Dia terlalu bagus untuk duduk di bangku cadangan," kata dia lagi.

Menurut dia, Arsenal bakal mendapatkan pengganti Ramsdale. Kiper Brighton and Hove Albion Jason Steele bakal didatangkan untuk menjadi pelapis Raya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)