Partager:

ATHENA - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg, Jumat (5/7), mengatakan NATO akan bekerja lebih erat dengan angkatan bersenjata Ukraina tanpa terlibat dalam perang yang sedang berkobar.

"Kami akan meningkatkan dukungan kami kepada Ukraina untuk jangka panjang, memperkuat pertahanan kolektif kami, dan memperdalam kemitraan global kami," kata Stoltenberg pada konferensi pers di Washington.

Keputusan penting akan diambil pada pertemuan puncak tiga hari aliansi tersebut di ibu kota AS, Washington, minggu depan, katanya.

Menyebut dukungan untuk Ukraina sebagai tugas paling mendesak yang akan ditangani oleh aliansi tersebut selama pertemuan puncak, Stoltenberg mengatakan: "Saya berharap para kepala negara dan pemerintahan akan menyetujui paket substansial untuk Ukraina."

Lebih spesifik, aliansi tersebut akan mengambil alih koordinasi dan penyediaan sebagian besar bantuan keamanan internasional, katanya.

"Hal ini tidak akan membuat NATO menjadi pihak yang terlibat dalam konflik tersebut. Namun hal ini akan meningkatkan pertahanan diri Ukraina," tambahnya.

Selain itu, para anggota NATO juga akan terus menyediakan senjata yang dibutuhkan Ukraina, termasuk kebutuhan mendesak akan sistem pertahanan udara dan amunisi, serta memperdalam interoperabilitas dan berupaya membangun industri pertahanan Ukraina, kata Stoltenberg.

"Semua upaya yang kami lakukan bersama-sama adalah membuat Ukraina lebih kuat, lebih dapat dioperasikan, dan lebih siap untuk bergabung dengan aliansi kami," katanya.

Menurut Stoltenberg, sejak 2014, ketika serangan Rusia terhadap Ukraina timur dan Krimea dimulai -- menjelang perang saat ini, yang dimulai pada 2022 --, kemampuan dan kesiapan aliansi tersebut telah meningkat secara signifikan.

Menanggapi bantuan Iran dan Korea Utara terhadap upaya perang Rusia di Ukraina dengan menyediakan pesawat nirawak dan amunisi serta China yang mendukung Rusia secara ekonomi, dia mengatakan "Semakin erat keselarasan aktor-aktor otoriter, semakin penting bagi kita untuk bekerja sama dengan teman-teman kita di Indo-Pasifik."

Stoltenberg akan mengundurkan diri sebagai ketua NATO pada musim gugur ini, namun penggantinya, mantan perdana menteri Belanda Mark Rutte, dilaporkan memiliki pendapat yang sama dengan Stoltenberg mengenai perang Rusia-Ukraina.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)