Central Java OKU South Sumatra Almost Disconnected Due To Longsor
Jalan Lintas Tengah penghubung Kabupaten OKU dengan Muaraenim nyaris putus akibat longsor, Kamis (8/9/2022). ANTARA/Edo Purmana

Partager:

BATURAJA - Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) di Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) nyaris putus akibat longsor yang terjadi pada Rabu (7/9) malam.

Andrizal (41) warga Desa Pengaringa, Baturaja mengatakan longsor terjadi di Jembatan Pengaringan Jalinteng, Kecamatan Semidang Aji pada pukul 21.30 WIB, Rabu, 7 September.

Pergerakan tanah yang menimbulkan longsor hingga setengah badan jalan itu terjadi akibat hujan deras sejak sore hari hingga tengah malam.

"Badan Jalan Lintas penghubung OKU dengan Kabupaten Muaraenim ini terkena longsor mencapai 10 meter," kata dia dilansir ANTARA, Kamis, 8 September.

Dampak dari bencana alam tersebut, arus lalu lintas di lokasi longsor sempat macet total dengan antrean kendaraan hampir mencapai 1 kilometer.

"Antrean kendaraan tadi malam pasca longsor cukup panjang karena tidak ada jalan alternatif sehingga pengemudi harus berhati-hati saat melintas di titik longsor," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalops, Gunalfi secara terpisah mengatakan intensitas curah hujan tinggi tadi malam mengakibatkan pergerakan tanah yang menopang jembatan pengaringan hingga longsor memakan badan jalan.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kami juga sudah mengerahkan personel dan peralatan berat untuk membersihkan material longsor," jelasnya.

Untuk kondisi terkini, kata dia, jembatan masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat, namun tetap harus ekstra hati-hati.

"Saat ini personel BPBD dibantu pihak kepolisian masih melakukan pengaturan jalan agar arus lalulintas tetap lancar," ujarnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)