Akuisisi Fakespot, Mozilla Tingkatkan Alat untuk Mendeteksi Ulasan Palsu di Firefox
JAKARTA - Mozilla mengumumkan telah mengakuisisi Fakespot, sebuah startup yang menawarkan ekstensi situs web dan browser yang membantu pengguna mengidentifikasi ulasan palsu atau tidak.
Menurut Mozilla sendiri, ulasan merupakan aspek penting di industri e-commerce secara global. Banyak dari konsumen membuat keputusan untuk membeli barang dari toko tertentu melalui ulasan tersebut.
"Selama hampir tiga puluh tahun, perdagangan telah menjadi inti dari cara orang menggunakan Internet. Peningkatan skala e-commerce global ini juga telah menciptakan tantangan baru bagi konsumen, seperti cara membuat keputusan seperti tempat berbelanja, produk mana yang akan dibeli untuk kebutuhan tertentu, dan vendor mana di dalam toko tempat membeli," tulis Mozilla dalam pengumuman di website resminya, pada Selasa, 2 Mei.
Selain itu, Mozilla juga mengatakan bahwa ulasan yang berupa uraian singkat dan peringkat bintang juga dapat membantu konsumen memilah yang baik dari yang buruk.
"Dalam kasus terbaik, ulasan pengguna dapat membantu kami dengan cepat membedakan produk berkualitas tinggi dan andal dari alternatif yang murah, tidak dapat diandalkan, atau penjual yang tidak dapat diandalkan," tambah perusahaan.
Sedangkan dalam kasus terburuk, ulasan yang perlu yang dipercaya ini justru sebenarnya adalah penipuan yang dimaksudkan untuk meningkatkan ulasan secara artifisial untuk produk yang lebih rendah.
"Dengan Fakespot, dia mengembangkan cara untuk membantu konsumen menyortir ulasan nyata dari yang palsu, membantu meningkatkan kepercayaan dan keyakinan secara dramatis di antara mereka yang melakukan pembelian online," ujar perusahaan lebih lanjut.
VOIR éGALEMENT:
Ditenagai dengan sistem kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) yang canggih, Fakespot dapat mendeteksi pola dan kesamaan antara ulasan untuk menandai ulasan yang paling mungkin menipu.
Dengan meggunakan Fakespot, pembeli dapat dengan cepat melihat di mana ulasan yang menipu dapat meningkatkan peringkat produk secara artifisial di mesin pencari.
"Karena Mozilla terus memperluas pekerjaan kami seputar AI etis dan periklanan yang bertanggung jawab, Fakespot sangat cocok. Data menunjukkan bahwa orang yang menggunakan Fakespot juga memiliki kepuasan yang lebih tinggi dengan pembelian mereka dan lebih jarang mengembalikan produk, yang berarti lingkungan mendapat manfaat dari pengurangan pengemasan dan pengiriman," pungkasnya.
Fakespot akan terus berfungsi di semua browser web utama dan perangkat seluler, dan tim Mozilla akan berinvestasi untuk terus meningkatkan pengalaman Fakespot bagi banyak penggunanya yang berdedikasi.
Di masa depan, Mozilla juga mengatakan bahwa mereka akan menghadirkan integrasi Fakespot dengan cara unik khusus untuk Firefox.
Terakhir, Mozilla berencana untuk meningkatkan investasinya di Fakespot, untuk meningkatkan pengalaman e-commerce bagi jutaan orang.