JAKARTA - Pemindahan data dari perangkat lama ke perangkat yang baru bisa menggunakan kabel atau sambungan Wi-Fi. Meski cara kedua lebih banyak digunakan, Google berencana menggabungkan penggunaan kabel dan Wi-Fi.

Berdasarkan temuan Android Authority, Google sedang mengerjakan Alat Pemulihan Data di Android dengan versi 1.0.624892571. Fitur yang terlihat dalam bentuk kode ini dibuat untuk mempercepat pemindahan data melalui metode transfer yang baru.

Proses yang disebut MultiTransportD2dTransport akan menggabungkan penggunaan kabel dan penggunaan sambungan Wi-Fi. Pemulihan atau transfer data dengan dua metode sekaligus dipercaya bisa mempercepat pemindahan data antarperangkat.

Selain meluncurkan metode pemindahan data yang baru, Google juga membuat fitur Pulihkan Kapan Saja untuk memindahkan data dengan cara yang lebih efisien. Dengan fitur ini, perangkat lama akan kosong sepenuhnya dan datanya tidak perlu dihapus.

Saat ini, pengguna yang ingin memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat baru harus melakukan reset pabrik untuk mengosongkan data di perangkat lama. Meski tidak sulit, cara ini kurang efisien karena data seperti sedang disalin, bukan dipindahkan.

Fitur Pulihkan Kapan Saja akan memindahkan seluruh data ke perangkat yang baru tanpa memerlukan proses reset pabrik. Sayangnya, fitur ini memiliki beberapa batasan, salah satunya adalah membuat perangkat kosong sepenuhnya saat ingin memindahkan data.

Artinya, perangkat yang baru harus benar-benar kosong sebelum menerima data dari perangkat lama. Selain itu, pengguna hanya bisa memindahkan data ke perangkat yang sudah pernah digunakan untuk menyalin data sebelumnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)