JAKARTA - Belanda lolos dari kekalahan justru setelah kapten Virgil van Dijk mendapat kartu merah di pertandingan melawan Hungaria, Sabtu, 12 Oktober 2024 dini hari WIB. Dalam duel Grup 3 League A UEFA Nations League di Stadion Puskas Arena, Budapest, Belanda berhasil menahan imbang 1-1 Hungaria.

Bek Denzel Dumfries menyelamatkan Belanda dari kekalahan setelah sundulannya berhasil membobol gawang Hungaria menjelang akhir pertandingan. Gol itu menggagalkan upaya Hungaria memecahkan rekor tak pernah menang saat melawan Belanda selama 40 tahun terakhir.

Dalam duel itu, Belanda sesungguhnya menguasai permainan dan menciptakan banyak peluang. Namun penyelesaian akhir yang buruk menjadikan serangan tim Oranje sia-sia belaka. Tidak ada peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Bahkan Belanda nyaris kalah bila tidak diselamatkan Dumfries yang memecah kebuntuan justru setelah ditinggalkan Van Dijk. Ya, kapten Liverpool ini mendapat dua kartu kuning hanya dalam tempo tiga menit sehingga Belanda harus berjuang dengan 10 pemain.

Namun setelah tidak ada Van Dijk, Belanda bisa mencetak gol dan mencuri satu poin. Hasil itu menjadikan Belanda tetap menduduki peringkat dua dengan poin lima. Mereka terpaut dua poin dari Jerman yang bertengger di puncak klasemen setelah menaklukkan Bosnia dan Herzegovina 2-1.

Sedangkan Hungaria menempati posisi tiga dengan memiliki dua poin. Sebelumnya, Hungaria bermain tanpa gol melawan Bosnia.

Di laga itu, Belanda benar-benar frustrasi menghadapi perlawanan Hungaria. Meski menunjukkan dominasi dan unggul dalam ball possession hingga 80%, namun tim asuhan Ronald Koeman tak mampu mengonversi setiap peluang menjadi gol.

Sebaliknya, Hungaria justru sesekali melakukan serangan yang membahayakan gawang Belanda. Bahkan Hungaria sudah nyaris mencetak gol saat Dominik Szoboszlai memberikan umpan kepada Roland Sallai. Namun tendangan Salai hanya membentur tiang gawang.

Namun Sallai tidak melakukan kesalahan sehingga membawa Hungaria unggul di menit 32. Gol tersebut berawal dari kesalahan gelandang Belanda Tijjani Reijnders yang kehilangan bola di lini tengah.

Bola berhasil dikuasai Zsolt Nagy yang kemudian melepaskan umpan silang kepada Sallai. Peluang itu dimaksimalkan Sallai lewat sebuah tendangan voli yang menaklukkan kiper Bart Verbruggen.

Skor 1-0 untuk Hungaria. Belanda pun mencoba bangkit untuk menekan pertahanan tuan rumah. Hanya pertahanan kokoh Hungaria membuat pemain Belanda frustrasi dan keunggulan satu gol Hungaria bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Belanda tetap mengendalikan permainan. Mereka juga menciptakan banyak peluang meski tidak ada yang membuahkan hasil.

Reijnders yang ibunya berasal dari Maluku, Indonesia, sesungguhnya berpeluang menebus kesalahan saat mendapat peuang bagus. Namun kakak dari Eliano Reijnders yang memilih bermain untuk tim nasional Indonesia ini kembali gagal menyamakan skor.

Dalam situasi kesulitan, Belanda malah kehilangan Van Dijk. Sang kapten menerima dua kartu kuning dalam tempo tiga menit. Dia melakukan pelanggaran pertama terhadap Barnabas Varga di menit 76.

Tak lama kemudian atau di menit 79, Van Dijk kembali membuat kesalahan. Kali ini, dia melakukan pelanggaran terhadap Kevin Csoboth sehingga mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah.

Bermain tanpa Van Dijk, Belanda justru berhasil memecah kebuntuan. Ya, Dumfries akhirnya berhasil menyamakan skor setelah sundulannya yang menyambut umpan silang Cody Gakpo menaklukkan kiper Denes Dibusz di menit 83.

Skor berubah 1-1. Setelah gol itu, Hungaria sempat memberi tekanan di sisa waktu pertandingan. Namun tidak ada gol yang tercipta Termasuk peluang dari Szoboszlai. Namun sepakan gelandang Liverpool ini masih melebar. Skor imbang itu bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)