JAKARTA - Brasil bernasib sama dengan Argentina. Kalah di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan. Brasil harus mengakui keunggulan 1-0 saat menghadapi tuan rumah Paraguay di Stadion Defensores del Chaco, Asuncion, Rabu, 11 September 2024 pagi WIB.

Brasil tidak berkutik menghadapi Paraguay. Tim asuhan Dorival Junior ini mengikuti jejak Argentina yang lebih dulu menelan kekalahan. Beberapa jam sebelumnya, Argentina yang tidak diperkuat kapten Lionel Messi dikalahkan Paraguay 2-1.

Dalam duel itu, Brasil sesungguhnya menurunkan tim terbaik. Di depan ada trisula Real Madrid dengan Endrick sebagai ujung tombak. Dia mendapat dukungan dari Vinicius Junior dan Rodryg.

Mereka masih ditopang gelandang yang aktif mencetak gol Bruno Guimaraes dan Lucas Paqueta. Ini menjadikan Brasil sebagai tim yang sesungguhnya sangat fasih bermain menyerang total.

Hanya saja, Brasil seperti melempem di sektor depan. Tidak ada produktivitas gol yang membuat lawan merasa ngeri saat bertemu Brasil. Namun yang terjadi justru kebalikannya. Brasil harus bekerja keras sebelum menang tipis 1-0 atas Ekuador.

Saat melakoni laga tandang melawan Paraguay, Marquinhos dkk malah gagal total. Brasil dipaksa menyerah lewat gol tunggal Diego Gomez.

Kekalahan itu menjadikan Brasil berada di posisi kurang bagus. Mereka tertahan di peringkat lima dengan poin 10. Dari zona Amerika Selatan hanya enam tim teratas yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 yang digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Sedangkan tim yang menduduki peringkat tujuh harus menjalani babak play-off. Brasil sendiri memiliki poin sama dengan Venezuela yang menduduki peringkat enam.

Sebaliknya, Paraguay membuka peluang masuk enam besar. Tambahan tiga poin itu menjadikan Paraguay naik ke peringkat tujuh dengan poin sembilan.

Di pertandingan itu, Brasil tak menunjukkan sebagai tim yang pernah memenangi Piala Dunia hingga lima kali. Serangan mereka selalu bisa dipatahkan barisan pertahanan Paraguay yang mendapat dukungan penuh dari suporter.

Tuan rumah unggul saat memasuki menit 20. Gomez yang bermain di Inter Milan sukses membobol gawang Brasil yang dikawal Alisson Becker lewat tendangan jarak jauh.

Gol dari gelandang yang musim depan akan bergabung dengan klub Premier League Inggris Brighton and Hove Albion ini menjadi satu-satuya yang tercipta di pertandingan tersebut. Skor 1-0 pun bertahan sampai laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)