JAKARTA - Argentina menderita kalah untuk kali kedua di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan. Kali ini, Argentina harus mengakui keunggulan Kolombia 2-1 yang ditentukan penalti James Rodriguez dalam laga di Stadion Metropolitano, Barranquilla, Rabu, 11 September 2024 dini hari WIB.

Argentina masih belum diperkuat kapten Lionel Messi di pertandingan kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Bila sebelumnya Argentina tetap bisa meraih tiga poin dengan mengalahkan Chile 3-0, namun La Albiceleste dipaksa menyerah saat melakoni laga tandang.

Sebaliknya, Kolombia sukses membalas kekalahan pada final Copa America lalu. Saat itu Kolombia sempat menahan Argentina tanpa gol dalam waktu normal. Namun mereka akhirnya kalah 1-0 lewat gol Lautaro Martinez di babak extra time.

Meski kalah di laga tersebut, posisi tim asuhan Lionel Scaloni di puncak klasemen sementara tak tergoyahkan. Argentina tetap bertengger di posisi teratas dengan poin 18.

Kolombia sendiri berhasil merangsek ke peringkat dua dengan menggeser Uruguay. Kini, Kolombia yang ditangani pelatih asal Argentina Nestor Lorenzo mengantungi poin 16. Unggul dua poin dengan Uruguay yang turun ke peringkat tiga.

Dalam laga tersebut, Argentina tetap bermain ofensif dengan mengandalkan duet penyerang, Julian Alvarez dan Martinez. Mereka masih ditopang gelandang yang tidak kalah produktif seperti Enzo Fernandez dan Nicolas Gonzalez.

Sementara, bek senior Nicolos Otamendi mengambil alih tugas Messi sebagai kapten tim. Dia bahu-membahu dengan Gonzalo Montiel, Cristian Romero, dan Lisandro Martínez.

Kolombia tetap menaruh harapan kepada pemain depan Liverpool Luis Diaz. Sedangkan kapten sekaligus gelandang veteran James Rodriguez yang kini bermain di Rayo Vallecano menghidupkan sektor tengah La Tricolor.

Tampil di kandang sendiri, Rodriguez dkk menunjukkan performa maksimal. Mereka mengimbangi permainan menyerang Argentina. Bahkan Kolombia berhasil membobol gawang Emiliano Martinez lewat rancangan serangan yang apik di menit 25.

Berawal dari sepak pojok pendek, Rodriguez kemudian melepaskan umpan silang yang mengarah ke depan gawang Argentina. Bola apik dari eks pemain Real Madrid dan Bayern Munchen ini disambut dengan sundulan Yerson Mosquera yang membobol gawang Argentina.

Unggul 1-0, Kolombia kian intensif memberi tekanan. Kolaborasi Rodriguez dan Diaz mampumerepotkan pertahanan juara dunia 2022 ini. Hanya tidak ada tambahan gol dan skor itu bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Argentina bermain lebih baik. Serangan mereka mulai mengancam pertahanan Kolombia. Laga baru berjalan tiga menit, usaha tim tamu untuk menyamakan skor langsung memberi hasil.

Bermula dari salah umpan Rodriguez yang berhasil dikuasai Nicolas Gonzalez dan kemudian melakukan solo run. Dia sempat dihalangi Mosquera tetapi berhasil melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper Camilo Vargas.

Hanya saja skor imbang 1-1 gagal dipertahankan Argentina yang kembali kebobolan. Kolombia unggul lagi setelah Rodriguez mencetak gol dari titik penalti di menit 60.

Penalti diberikan menyusul pelanggaran terhadap bek Daniel Munoz yang dijatuhkan Otamendi. Wasit sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum memutuskan penalti yang dituntaskan dengan baik oleh Rodriguez.

Kolombia berpeluang menambah gol lewat striker Jhon Duran. Namun peluang bagus itu gagal dimaksimalkan Duran karena bola sepakannya yang mengarah gawang bisa diamankan Martínez. Skor 2-1 untuk Kolombia bertahan hingga laga usai.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)