JAKARTA - Manchester City jauh diunggulkan saat menjamu tim promosi Ipswich Town di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 24 Agustus 2024 malam WIB. Persoalannya sampai berapa menit Ipswich mampu menahan gempuran sang juara bertahan.

Ipswich sesungguhnya bermain lumayan bagus di pertandingan pertama Liga Inggris melawan Liverpool. Mereka mampu mengimbangi Liverpool selama 60 menit.

Namun selanjutnya penampilan mereka berantakan. Tepat di menit 60, gawang Ipsiwch akhirnya kebobolan.

Gol yang meruntuhkan moral pemain The Tractor Boys yang bermain di kandang sendiri. Tak lama berselang atau lima menit kemudian, gawang Ipswich kembali kebobolan. Ipswich pun mengawali laga di kompetisi kasta tertinggi dengan kekalahan 2-0.

Awal yang buruk bagi Ipswich saat bermain di kandang sendiri. Kini, tim asuhan Kieran McKenna bakal menyambangi markas Man City.

Jelas bukan perkara gampang bagi Ipswich menahan serangan bergelombang Erling Haaland dkk. Apalagi, sang juara bertahan sudah langsung tancap gas di kompetisi domestik. Di laga pertama, Man City sukses menggasak Chelsea 2-0.

Sebelumnya, The Cityzens juga memenangi Community Shield setelah menaklukkan rival satu kota, Manchester United, lewat adu penalti. Laga dua kali berturut-turut melawan tim-tim kuat yang dimenangkan Man City menunjukkan bila mereka memang sangat layak diunggulkan saat menghadapi tim yang musim lalu berkompetisi di Divisi Championship.

Ini juga menjadi pertemuan pertama Man City dengan Ipswich sejak Januari 2002. Saat itu kedua tim berduel di ajang Piala FA. Menariknya, Man City yang saat itu bemain di kasta kedua dan Ipswich berkompetisi di Premier League. Hasilnya, Man City ternyata sukses mempermalukan Ipswich yang bermain di kandang sendiri dengan skor telak 4-1.

Bahkan sejarah pun tak memihak Ipswich. Dan, mereka memang kalah segala-galanya saat melakoni laga tandang melawan pasukan Pep Guardiola.

Laga tersebut kemungkinan menjadi debut ulangan gelandang Ilkay Gundogan yang kembali bergabung dengan Man City. Gundogan meninggalkan Man City dan pindah ke Barcelona secara gratis di musim lalu. Namun pemain yang sudah pensiun dari timnas Jerman ini hanya bertahan satu musim sebelum kembali ke Etihad.

"Saat ini terjadi [perekrutan Gundogan], saya langsung mengiyakan. Namun ini tetap mengejutkan dan tak terduga sama sekali," kata Guardiola seperti dikutip laman klub.

"Kami sudah sangat mengenal dia, baik secara pribadi maupun sebagai pemain. Dia menunjukkan kualitasnya saat bermain di Barcelona musim lalu. Dia menunjukkan konsistensi saat bermain di level tertinggi," ujarnya.

"Dia tak butuh waktu untuk beradaptasi. Bila dimainkan [di laga melawan Ipswich], dia sudah tahu apa yang harus dilakukan. Saya tak ragu dengan kemampuannya," kata eks pelatih Barca ini.

Di laga tersebut, Guardiola masih belum bisa diperkuat gelandang Rodri. Sedangkan pemain depan Oscar Bobb harus menjalani operasi setelah mengalami patah tulang saat latihan.

Pemain anyar Savinho sesungguhnya sudah melakukan debut saat melawan Chelsea. Namun dirinya kemudian mengalami cedera rigan di lutut dan diragukan tampil.

Dengan demikian, gelandang Phil Foden akan menjadi starter bersama Jeremy Doku dan Benardo Silva mendukung Haaland sebagai ujung tombak.

Di tengah, Mateo Kovacic menggantikan Rodri untuk berduet dengan Kevin De Bruyne. Ini berarti Gundogan akan duduk di bench.

Bek tengah Manuel Akanji akan menggalang pertahanan Man City. Pasalnya duo timnas Inggrs, Kyle Wlker dan John Stones masih belum dimainkan Guardiola.

Sementara, McKenna harus bekerja keras menghadapi permainan ofensif Man City. Kuartet belakang Axel Tuanzebe, Luke Woolfenden, Jacob Greaves, dan Leif Davis harus bertarung habis-habisan membendung serangan tuan rumah.

Striker Liam Delap menjadi harapan untuk membuka keran gol Ipswich. Dirinya ditopang Ben Johnson, Conor Chaplin, dan Omari Hutchinson.

Dengan skuat yang ada, Ipswich tampaknya sulit meladeni Man City. Jadi memang sampai berapa menit mereka bisa menahan serangan tuan rumah yang diprediksi tak sulit mengatasi lawannya.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Lewis, Akanji, Dias, Gvardiol; Kovacic, De Bruyne; Bernardo, Foden, Doku, Haaland

Ipswich Town (4-2-3-1): Walton; Tuanzebe, Woolfenden, Greaves, Davis; Morsy, Luongo; Johnson, Chaplin, Hutchinson; Delap


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)