JAKARTA - Bek Theo Hernandez menjadi bintang kemenangan Perancis saat mengalahkan Portugal 5-3 (0-0) dalam drama adu penalti di perempat final Euro 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu, 6 Juli 2024 dini hari WIB. Perancis pun melaju ke semifinal menghadapi Spanyol.

Perancis tanpa Kylian Mbappe saat melakoni adu penalti. Mbappe digantikan Bradley Barcol saat babak extra time. Meski tidak ada eks bintang Paris Saint-Germain yang musim ini pindah ke Real Madrid, Perancis bisa melewat drama tos-tosan dengan hasil terbaik.

Hernandez yang menjadi penendang kelima sukses menuntaskan eksekusi. Dia melengkapi keberhasilan empat pemain Perancis lain yang mampu menjalankan tugas dalam adu penati.

Sementara dari Portugal hanya Joao Felix yang gagal. Sepakannya membentur tiang gawang sehingga penendang kelima Portugal tidak diperlukan lagi karena Perancis sudah unggul 5-3.

Laga itu juga menjadi akhir dari perjalanan panjang kapten Portugal Cristiano Ronaldo. Mantan bintang Manchester United dan Madrid ini menyatakan dirinya bakal pensiun dari timnas usai Euro 2024.

Keberhasilan Perancis melaju ke semifinal mengantarkan juara Eropa dua kali ini bertemu Spanyol yang juga tim unggulan. Spanyol sukses menyingkirkan tuan rumah Jerman 2-1 lewat extra time.

Pertandingan itu sendiri berjalan ketat. Perancis mengambil inisiatif menekan pertahanan Portugal. Mereka unggul penguasaan bola hingga 70% pada menit-menit awal pertandingan.

Hanya saja meski bola lebih banyak berada di kaki pemain Les Bleus, namun serangan mereka selalu gagal membahayakan gawang Diogo Costa.

Portugal secara perlahan mulai bangkit. Dimotori Ronaldo, Portugal mampu berbalik memberi tekanan terhadap Perancis.

Pelatih Roberto Martinez tetap menempatkan Ronaldo sebagai ujung tombak meski belum mampu mencetak gol selama Euro 2024 kecuali saat adu penalti.

Pemain depan Al Nassr ini mendapar support dari Bernardo Silva dan Bruno Hernandes. Namun usaha mereka pun tak kunjung membuahkan hasil.

Kedua tim itu sendiri cenderung bermain hati-hati. Ini menjadikan tidak ada serangan berbahaya dari Portugal maupun Perancis yang mengandalkan duet Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani.

Pelatih Didier Deschamps lebih memilih Muani ketimbang Marcus Thuram yang moncer di Inter Milan. Sementara, Antoine Griezmann menempati posisi sebagai second striker dan bermain di belakang Mbappe.

Meski menampilkan duel penyerang maut dari kedua tim, namun tidak ada gol yang tercipta. Peluang terbaik diperoleh Hernandez di menit 20.

Namun upaya pemain belakang AC Milan ini masih bisa digagalkan Costa. Sampai akhir babak pertama, skor tidak berubah.

Di babak kedua, pertandingan lebih agresif. Kedua tim sama-sama meningkatkan serangan. Dengan ball possession yang cukup berimbang meski Perancis tetap sedikit lebih unggul, Portugal beberapa kali mengancam gawang lawan.

Namun kedua tim unggulan ini pun gagal menuntaskan setiap kesempatan mencetak gol. Peluang bagus memang diperoleh Vitinha di menit 63.

Gelandang Portugal yang bermain di Perancis dengan memperkuat Paris Saint-Germain ini sesungguhnya berpeluang mencetak gol. Hanya saja sepakannya bisa digagalkan kiper Mike Maignan.

Selanjutnya, giliran Perancis mendapat peluang melalui Ousmane Dembele yang masuk menggantikan Griezmann di menit 67. Namun tendangan keras Dembele melambung tipis di atas mistar gawang.

Perancis kembali mendapat kesempatan bagus saat Thuram melakukan penetrasi di sisi kiri gawang Portugal.

Hanya saja Pepe berhasil menggagalkan upaya pemain yang menggantikan Muani ini dengan membuang bola dan menciptakan sepak pojok saja.

Sampai akhir laga skor tetap 0-0 sehingga dilanjutkan extra time. Tidak ada gol yang tercipta meski Portugal dan Perancis sama-sama mendapat peluang.

Bahkan di menit-menit terakhir, bek Portugal Nuno Mendes mendapat peluang bagus untuk mencetak gol. Namun lagi-lagi upaya dia seperti rekan-rekannya gagal. Kiper Maignan berhasil mengamankan bola.

Babak extra time berakhir tanpa gol dan pertandingan diselesaikan adu penalti. Dalam adu penalti, lima penendang Perancis sukses menjalankan tugas.

Sedangkan Felix menjadi satu-satunya pemain Portugal yang gagal. Skor pun menjadi 5-3 saat Hernandez menyelesaikan eksekusi dan menutup laga sengit itu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)