Man City Jadi Ujian Terberat Arsenal Dalam Perburuan Titel Premier League
Arsenal menghadapi ujian berat saat menghadapi Manchester City di Etihad. (X/@Arsenal)

JAKARTA - Manchester City bakal menjadi ujian terberat Arsenal yang berambisi meraih titel Premier League Inggris. Duel di Etihad, Minggu, 31 Maret 2024 malam WIB, akan menentukan langkah kedua tim.

Pertandingan internasional sudah berakhir. Manajer Man City dan Arsenal menunggu laga tim nasional dengan sedikit waswas. Siapa yang mengalami cedera sehingga harus menepi untuk sementara waktu.

Pasalnya usai pertandingan uji coba, Man City dan Arsenal yang bersaing ketat memperebutkan titel liga sudah langsung berduel untuk saling jegal.

Musim lalu, Arsenal mengalami kegagalan merengkuh titel liga setelah kalah telak 4-1 dalam duel di Etihad. Man City yag berhasil merebut posisi puncak klasemen yang dikuasai The Gunners dan kemudian memenangi liga sekaligus mencetak hattrick juara.

Arsenal yang saat ini bertengger di puncak klasemen tak ingin mengulangi kesalahan musim lalu. Hanya, persaingan kali ini tidak hanya di antara mereka tetapi juga melibatkan Liverpool.

Arsenal dan Liverpool sama-sama mengantungi poin 64. Namun Liverpool kalah selisih gol sehingga menduduki peringkat dua. Sedangkan Man City yang berada di posisi tiga memiliki poin 63.

Ini yang menjadikan manajer Mikel Arteta tak ingin Arsenal kehilangan poin seperti musim lalu. Meski tak mudah karena mereka bermain di kandang Man City, namun Arsenal harus bisa mengalahkan rivalnya.

Bila kalah, Man City kembali merebut posisi puncak. Namun Liverpool berpeluang lebih dulu menduduki takhta klasemen bila menang atas Brighton and Hove Albion beberapa jam sebelum big match Man City vs Arsenal.

Mantan bek Arsenal tetapi juga pernah bermain di Man City Gael Clichy menuturkan Arteta harus berani bermain terbuka bila ingin memenangkan laga besar itu. Menghadapi Man City dengan mengandalkan serangan balik, menurut Clichy, bakal berbahaya.

"Arsenal harus berani masuk area mereka dan berkata, 'kami langsung bertemu muka dengan kalian'. Tidak banyak tim yang bisa melakukannya. Hanya Liverpool dan Arsenal yang bisa melakukannya," ucap Clichy.

"Jelas berbahaya bila Mikel mengandalkan serangan balik dan membiarkan bola ada di Man City. Meski bermain di kandang mereka, Arsenal harus bermain dengan permainan sendiri," katanya.

Clichy menjadi pilar pertahanan Arsenal selama tujuh tahun. Dirinya membela klub London Utara itu pada 2003 hingga 2011. Dari Arsenal, mantan pemain timnas Perancis ini kemudian bergabung dengan Man City hingga 2017.

Clichy menjadi bagian dari the invicible Arsenal saat memenangi Premier League 2004. Namun di Man City, dua sukses dua kali meraih titel liga.

Gelar liga itu yang terakhir kali dimenangi Arsenal. Penantian 20 tahun bakal berakhir bila mereka merengkuh trofi liga musim ini.

Hanya saja, Arteta dihadapkan dengan problem cedera pemain. Pemain depan Bukayo Saka meninggalkan pelatnas Inggris karena mengalami cedera. Dirinya pun absen memperkuat Inggris pada dua laga uji coba melawan Brasil dan Belgia.

Arsenal juga kehilangan duo Gabriel yang terpaksa dicoret pelatih Brasil Dorival Junior karena cedera. Bek Gabriel Magalhaes yang sudah dipanggil Dorival akhirnya kembali ke klub setelah mengalami cedera tendon.

Sedangkan striker Gabriel Martinelli belum pulih dari cedera kaki. Dirinya kemungkinan besar belum bisa tampil di big match itu.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)