JAKARTA – Portugal menutup Grup J Kualifikasi Euro 2024 dengan raihan tiga poin atas Islandia. Sekaligus, catatan itu membuat Selecao menjadi satu-satunya tim di kualifikasi yang punya poin sempurna 30.

Portugal mendominasi laga melawan Islandia. Mereka menekuk tim tamu dua gol tanpa balas di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, pada Senin, 20 November 2023 dini hari WIB.

Hampir tiga perempat penguasaan bola berada di bawah kendali Bruno Fernandes dkk. Catatan tembakan ke gawang juga unggul, yaitu 11 berbanding 4. Total, Portugal melakukan 23 tembakan berbandin sembilan milik Islandia.

Hanya saja, Selecao baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-37. Bruno Fernandes mencatatkan namanya di papan skor lewatan sepakan kaki kanan di tepi kotak penalti usai menerima umpan Bernardo Silva. Keunggulan 1-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Portugal mencetak gol kedua pada menit ke-66. Kali ini giliran Ricardo Horta yang sukses mengonversikan umpan dari sang kapten, Cristiano Ronaldo.Gol pemain sayap Braga itu menjadi penutup sempurna dalam kemenangan Portugal atas Islandia.

Tiga poin itu sekaligus mencetak rekor tersendiri bagi Selecao. Tim asuhan Roberto Martinez menyapu bersih 10 laga Grup J dengan kemenangan dan lolos ke putaran final Euro 2024 Jerman sebagai pemuncak klasemen.

Mereka berselisih delapan angka dari Slovakia yang juga lolos ke Jerman sebagai runner-up Grup J.

Torehan 30 poin di fase kualifikasi Euro merupakan kali pertama dalam sejarah Selecao. Portugal menjadi negara kesembilan yang mampu mencatatkan pencapaian tersebut.

Raihan rekor belum berhenti di situ. Portugal total sudah mengemas 36 gol dan hanya kebobolan dua kali. Sejauh ini angka kebobolan itu menjadi yang terbaik kedua setelah Perancis di Kualifikasi Euro 2024.

Portugal akan menempati pot satu dalam pengundian grup Euro 2024. Rencananya, pengundian akan dihelat pada Desember 2023.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)