Piala AFF 2022: Diwarnai Penalti dan Kartu Merah, Timnas Indonesia Gagal Raih Kemenangan Perdana atas Thailand
Marc Klok merayakan gol Timnas Indonesia ke gawang Thailand pada lanjutan Piala AFF 2022 di SUGBK, Kamis, 29 Desember. (Foto: Twitter/@PSSI)

JAKARTA - Timnas Indonesia gagal mendapat poin penuh saat menjamu Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 29 Desember 2022.

Meskipun unggul jumlah pemain di babak kedua, pasukan Garuda justru kewalahan menghadapi The War Elephant. Kedua tim pun menyudahi laga dengan skor sama kuat 1-1.

Indonesia seharusnya bisa mencetak setidaknya tiga gol pada babak pertama. Peluang pertama bagi Garuda didapat Dendy Sulistyawan pada menit ke-17.

Ia menerima umpan manis dari Yakob Sayuri di dalam kotak penalti. Namun, tandukannya masih terlalu lemah sehingga bola melebar dari sasaran.

Kesempatan kedua bagi pasukan Shin Tae-yong datang sepuluh menit kemudian melalui umpan Witan Sulaeman. Sayang, Egy Maulana Vikri yang berada di depan mulut gawang tidak bisa menjangkau bola.

Kemudian peluang paling bagus yang dapat pasukan Merah Putih terjadi enam menit sebelum waktu normal jeda. Blunder kiper Thailand Kittipong Phuthawchueak tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh Witan meskipun ia tinggal berhadapan dengan gawang kosong.

Lima menit pulang dari kamar ganti, Indonesia sukses memecah kebuntuan melalui penalti yang dieksekusi Marc Klok.

Penalti tersebut diberikan oleh pengadil lapangan setelah sepakan kaki kiri Asnawi Mangkualam di kotak terlarang mengenai tangan Theerathon Bunmathan.

Tujuh menit berselang, Thailand harus bermain dengan sepuluh orang setelah Sanrawat Dechmitr diusir wasit. Ia menerima kartu merah karena melanggar keras Saddil Ramdani.

Meskipun kalah jumlah pemain, The War Elephant tetap mati-matian mengejar poin. Hasilnya mereka mengidentikan skor di menit ke-79 melalui gol yang dicetak oleh Sarach Yooyen

Hasil ini membuat Thailand pun tetap kokoh di puncak klasemen dengan tujuh poin. Mereka disusul Indonesia di tempat kedua dengan perolehan poin yang sama.

Selanjutnya Egy dan kawan-kawan akan menjalani laga terakhir grup melawan tuan rumah Filipina pada 2 Januari nanti, sedangkan Thailand menyambut Kamboja di Stadion Thammasat pada hari yang sama.

Laga terakhir nanti akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi wakil Grup A di semifinal Piala AFF 2022.

Susunan pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto (kapten), Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Yakob Sayuri, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan.

Thailand: Kittiping Phootawchuek-pg, Sasalak Haiprakhon, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan (kapten), Pansa Hemviboon, Sarach Yooyen, Bordin Phala, Suphanan Bureerat, Ekanit Panya, Channarong Promsrikaew, Teerasil Dangda.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)