Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak versi klub terbaik sepanjang masa. Bahkan setiap individu yang menggemari sepak bola internasional selalu punya klub terbaiknya masing-masing. Untuk menentukan hal tersebut ada banyak indikator yang bisa digunakan.

Menentukan klub terbaik bisa dilihat dari popularitas mereka. Sedangkan tingkat popularitas bisa dilihat dari banyak faktor seperti jumlah pengikut media sosial mereka, hingga banyaknya sponsor pada klub.

Klub Terbaik Sepanjang Masa

Hingga saat ini ada banyak klub sepak bola yang telah terbentuk dan memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan tersebut membawa beberapa klub sepak bola mampu meraih popularitas. Berikut ini beberapa klub sepak bola paling populer sepanjang masa, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Real Madrid

Popularitas Real Madrid tak diragukan lagi. Klub sepak bola yang berasal dari Spanyol ini sangat populer di dunia. Di Instagram, jumlah pengikut mereka mencapai 129 juta. Tak hanya meraih banyak penghargaan, Real Madrid juga jadi klub yang paling dihormati.

  1. Barcelona

Selain Real Madrid, Barcelona jadi klub sepak bola asal Spanyol yang tak kalah populer. Mereka memiliki sejarah panjang hingga seperti yang sekarang ini. Tim tersebut dikenal memiliki gaya permainan dan koordinasi antar tim yang baik. Di Instagram, Barcelona punya pengikut sebanyak 115 juta.

  1. Paris Saint-German (PSG)

Para pesepak bola di PSG menjadikan klub tersebut sangat digandrungi di seluruh dunia. Pemain PSG dikenal memiliki kemampuan yang baik dan punya koordinasi yang akurat. Hal itu membuat PSG sukses meraih banyak gelar dan meraih kemenangan di liga champion UEFA. Hingga artikel ini ditulis, pengikut PSG di Instagram jumlahnya mencapai 65,7 juta pengikut.

  1. Manchester United (MU)

Klub sepak bola asal Inggis ini juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi. Klub dengan julukan Red Devil ini banyak punya penggemar fanatik. Akhir-akhir ini penampilan mereka juga banyak menuai sorotan dari penggemarnya. Di Instagram, MU memiliki jumlah pengikut sebanyak 60,6 juta.

  1. Juventus

Klub sepak bola asal Italia itu memiliki popularitas yang besar sejak lama. Juventus bahkan memenangkan gelar antarbenua sebanyak dua kali. Penampilan mereka membuat media sosial Instagram Juventus meraih jumlah follower mencapai 56 juta.

  1. Liverpool

Klub asal Inggris yang memiliki jargon You’ll Never Walk Alone itu jadi klub sepak bola profesional yang banyak dicintai oleh penggemarnya. Melihat akun Instagram Liverpool, jumlah penggemar mereka mencapai 41,1 juta pengikut.

  1. Manchester City (Mancity)

Seperti rivalnya, Manchester City juga memiliki penggemar fanatik yang membuat klub tersebut banyak dicintai. Bahkan Manchester City masuk dalam 10 klub yang paling dicintai di dunia. Setiap kompetisi yang mereka ikuti, Manchester City selalu menampilkan performa terbaiknya. Saat ini jumlah pengikut mereka di Instagram mencapai 37,3 juta pengikut.

  1. Chelsea

Klub sepak bola Inggris Chelsea juga sangat dicintai oleh para penggemar sepak bola dunia, termasuk di Indonesia. Klub yang dominan warna biru itu berhasi menjadi pemenang UEFA Championship 2020-2021. Selain itu mereka banyak meraih banyak gelar. Di Instagram, Chelsea memiliki jumlah pengikut mencapai 36,9 juta.

  1. Bayern Munich

Selama 3-4 tahun terakhir, Bayern Munich jadi klub yang banyak menerima perhatian. Mereka sukses meraih berbagai kemenangan seperti juara UEFA, juara Piala Dunia FIFA, dan sebagainya. Sedangkan jumlah pengikut Bayern Munich di Instagram berjumlah 35,7 juta.

  1. Arsenal

Klub Arsenal adalah klub yang banyak dicintai. Arsenal meraih belasan piala FA dan meraih belasan gelar di Liga Premie. Keberhasilan mereka membuat para penggemar sepak bola dunia mengikuti akun Instagram mereka. Hingga artikel ini ditulis, Arsenal memiliki jumlah pengikut di Instagram mencapai 23,9 juta.

Itulah informasi terkait klub terbaik sepanjang masa. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.